Rechercher dans ce blog

Kamis, 02 Februari 2023

Sarinah Duty Free Dibuka! Ada Produk Lokal dan UMKM - detikFinance

Foto Bisnis

Antara Foto/Dhemas Reviyanto - detikFinance

Kamis, 02 Feb 2023 15:35 WIB

Jakarta - Sarinah Duty Free telah resmi dibuka pada Rabu (1/2/2023). Gerai tersebut menawarkan produk-produk buatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam negeri.

Adblock test (Why?)


Sarinah Duty Free Dibuka! Ada Produk Lokal dan UMKM - detikFinance
Kelanjutan artikel disini

Bulog Bakal Utamakan Beras Lokal Penuhi Pasokan Dalam Negeri - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso akan mengutamakan penyerapan produksi dalam negeri untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) tahun ini sebanyak 2,4 juta ton.

Penyerapan beras produksi dalam negeri akan dioptimalkan saat musim panen raya pada Maret mendatang.

"Kita akan mengutamakan produk dalam negeri yang oleh prediksi baik oleh BPS (Badan Pusat Statistik) dan Kementan (Kementerian Pertanian) bahwasanya mulai Februari pertengahan sudah mulai ada panen di beberapa wilayah, tapi mulai panen startnya itu yang dianggap panen raya mulainya Maret," ujar Buwas di Kantor Pusat Bulog, Jakarta Selatan, Kamis (3/2).

Bulog menargetkan saat panen raya nanti bisa menyerap gabah untuk memenuhi 70 persen target CBP tahun ini dan kemudian sisanya diharapkan dapat dipenuhi saat panen gadu.

Buwas menambahkan petani nantinya tidak lagi perlu menjual gabah kering giling (GKG) ke Bulog, tetapi cukup gabah kering panen (GKP). Nantinya GKG akan diolah di infrastruktur milik Bulog dari mulai pengeringan hingga diolah menjadi beras.

"Harapan saya tentunya kita akan membuat beras sendiri dengan harga yang murah," ujar Buwas.

Adapun jumlah stok yang dikuasai Bulog saat ini adalah sebanyak 594 ribu ton termasuk sisa beras impor yang sedang dalam perjalanan. Jumlah ini disebut sangat cukup untuk membanjiri pasar sampai dengan panen raya yang akan berlangsung sebentar lagi.

Sementara beras impor yang sedang dalam perjalanan berjumlah sekitar 200 ribu ton yang berasal dari Vietnam, Thailand, Pakistan, dan Myanmar. Beras impor tersebut ditargetkan masuk ke Indonesia paling lama 15 Februari 2023.

Buwas mengatakan dari awal tahun hingga sekarang Buwas udah menggelontorkan sebanyak 186 ribu ton beras operasi pasar di seluruh Indonesia. Maka dari itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir karena Bulog menjamin ketersediaan beras di masyarakat.

"Kami pantau secara terus menerus situasi sekarang ini dan kami akan terus membanjiri pasar dengan kekuatan stok CBP saat ini dimana sudah ada tambahan dari beras impor," ujar Buwas.

[Gambas:Video CNN]

(fby/dzu)

Adblock test (Why?)


Bulog Bakal Utamakan Beras Lokal Penuhi Pasokan Dalam Negeri - CNN Indonesia
Kelanjutan artikel disini

SPF dan KG Media Cari Jagoan Lokal #Cantikpreneurship - Kompas.com - UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekar Pelangi Foundation (SPF) bersama KG Media menggelar Jagoan Lokal #Cantikpreneurship khusus untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perempuan di seluruh Indonesia.

Acara bertajuk "SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik" memberi peluang bagi perempuan pemilik UMKM untuk mendapatkan practice skill soal strategi sales, promotion, dan pengembangan diri.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga: Pemerintah Wajib Beli Produk UMKM Lokal

“Melalui Jagoan Lokal #Cantikpreneurship, kami ingin mengajak perempuan pelaku UMKM
untuk berani menangkap peluang bisnis. Mereka harus memiliki jiwa dan semangat pebisnis yang tidak mudah putus asa, serta tahan banting," ujar Founder SPF Shandy Purnamasari pada Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Sebagai informasi, Jagoan Lokal #Cantikprenership digelar dalam tiga fase. Fase pertama dimulai dengan Kick Off and Networking yang diadakan secara daring pada Kamis (2/2/2023). Gelaran ini diadakan untuk membangun networking melalui sharing session kepada 500 UMKM Cantik—sebutan untuk pemilik UMKM perempuan—yang telah mendaftar melalui microsite #Cantikpreneurship.

Baca juga: Pebisnis Perempuan Dinilai Berperan Penting Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Setelah itu, ada pula Boot Camp untuk memberikan pelatihan khusus bertema “Cantik Kits” dengan topik Sales, Profit, dan Fearless (SPF) kepada 30 UMKM Cantik terpilih. Selama sesi ini, para pelaku UMKM Cantik akan belajar tentang UMKM dan entrepreneurship dari para ahli.

Fase terakhir adalah Final and Awarding yang diadakan sebagai momen apresiasi bagi para Jagoan Lokal Cantik. Selain awarding, fase ini juga akan diisi oleh coach yang memberikan insight kepada 12 UMKM terbaik yang lolos kurasi assignment.

Tak hanya mengedukasi para peserta, Jagoan Lokal #Cantikpreneurship juga memberikan total hadiah sebesar Rp 93,5 juta untuk 3 Jagoan Lokal Cantik dan 3 Jagoan Lokal Terfavorit.

Adapun juara pertama, kedua, dan ketiga berkesempatan melakukan kolaborasi bisnis dengan SPF. Sementara, 9 Jagoan Lokal Cantik yang masuk dalam fase awarding juga mendapatkan dana promosi di Pasangiklan.com.

Jagoan Lokal Cantik untuk ekonomi yang lebih baik

Peluang menjadi pelaku UMKM di Indonesia terbuka lebar. Hal ini didukung oleh kemajuan dunia digital, pemasaran brand dan distribusi produk yang semakin mudah. Namun, masih ada kendala yang dihadapi para pelaku UMKM lokal, khususnya para pebisnis perempuan.

Baca juga: Kolaborasi Multipihak Bantu Dorong UMKM Perempuan Indonesia di Platform Digital

Berdasarkan data KG Media melalui survei kepada UMKM Cantik, masalah utama dalam menjalankan usaha adalah permodalan. Sebanyak 70 persen UMKM Cantik merasa modal mereka terlalu sedikit untuk bisa mengembangkan bisnis.

Adblock test (Why?)


SPF dan KG Media Cari Jagoan Lokal #Cantikpreneurship - Kompas.com - UMKM
Kelanjutan artikel disini

Cara ESDM Tingkatkan Daya Saing Tenaga Lokal Agar Tak Kalah dengan Asing - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau BPSDM ESDM fokus meningkatkan kompetensi tenaga kerja Indonesia (TKI) di sektor ESDM. Kompetensi TKI diperlukan agar tak kalah dengan tenaga kerja asing (TKA).

Menurutnya, peningkatan daya saing TKI perlu dipersiapkan dengan baik. “Salah satu yang perlu kita manage adalah bagaimana kita bisa meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia agar kita lebih siap nanti terhadap tenaga kerja asing yang masuk,” kata Kepala BPSDM ESDM Prahoro Nurtjahyo di kantornya, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

Baca: Rasio Elektrifikasi 2022 Melambat, ESDM: Wilayah Timur Menjadi Fokus Kami

Prahoro memastikan tenaga kerja sektor ESDM memiliki kompetensi yang dibutuhkan industri. Dia menuturkan, BPSDM ESDM memprioritaskan program peningkatan kompetensi.

“Jadi, kalau punya kompetensi itu mau diadu dengan siapapun berani. Kualitas yang harus kami siapkan, bagaimana kualitas yang menjadi benteng. Jangan sampai nanti kita terjebak ke statement-statement yang mengatakan ‘kita nggak bisa’, ‘nggak ada orang’, padahal kita mampu,” tutur Prahoro.

“Makanya quality is important, quantity juga, karena dua itu harus menjadi perhatian. Kita quantity banyak, tapi nggak quality ya sama aja,” ungkap Prahoro.

Untuk mendukung peningkatan kompetensi TKI di sektor ESDM, BPSDM ESDM memiliki Komisi Akreditasi sebagai  lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan di sektor ESDM. Lembaga ini berfokus menjadikan lembaga diklat yang melakukan pelatihan di sektor energi memiliki standar. 

“Jangan sampai nanti beberapa pekerjaan dilakukan oleh lembaga-lembaga diklat yang sebagian tidak punya standar. Ini yang saat ini terus kita kembangkan,” tuturnya.

Baca: Mitigasi Bencana Geologi 2022, Menteri ESDM Paparkan Capaian dan Pemetaan Kawasan

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Adblock test (Why?)


Cara ESDM Tingkatkan Daya Saing Tenaga Lokal Agar Tak Kalah dengan Asing - Bisnis Tempo.co
Kelanjutan artikel disini

Rabu, 01 Februari 2023

Sederet Instansi Raih Penghargaan Mata Lokal Award - Kompas.com - Kompas.com

KOMPAS.com - Situs media online, Tribunnews, menggelar ajang apresiasi Mata Lokal Award di Grand Ballroom Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Acara tersebut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Budie Arie Setiadi, serta Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Suharti.

Ketiga instansi tersebut merupakan penerima penghargaan Mata Lokal Award sebagai Kolaborator Tribun Network. Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menyebutkan bahwa dukungan Tribunnews dapat menjangkau Indonesia.

"Kami yakin dukungan dari jaringan Tribunnews sebagai mata lokal dapat menjangkau Indonesia dengan sangat powerful dan impactful," ucap Sandiaga dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Sementara itu, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang berhalangan hadir mengirimkan video pidato kemenangan.

Sebagai informasi, Mata Lokal Award digelar untuk mengapresiasi entitas bisnis, perseorangan, serta instansi yang berkontribusi menciptakan dampak baik untuk Indonesia dalam skala lokal maupun nasional. Rangkaian acara telah bergulir sejak November 2022.

Berbagai karya yang masuk dikurasi oleh sejumlah panelis juri, antara lain Executive Creative Director FCN-Finch Lembu Wiworo Jati, Executive Creative Director Dentsu Creative Defri Dwipaputra, Chief Marketing Officer (CMO) Kompas Group Media Dian Gemiano, serta Chief Executive Officer (CEO) Tribun Network Dahlan Dahi.

Adapun penilaian didasarkan pada lima tema yang menjadi pilar dalam penghargaan tersebut, yakni edukasi, kewirausahaan, lingkungan, kesehatan, serta teknologi.

Untuk diketahui, ada belasan instansi lain yang juga meraih berbagai penghargaan pada malam penganugerahan Mata Lokal Award. Sebut saja, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang memenangkan Brand Paling Berdampak di Bidang Kewirausahaan melalui program Desa BSI pada kategori Impact.

Kemudian, Schneider Electric Indonesia (Schneider) sebagai Brand Paling Berdampak di Bidang Lingkungan melalui karya GreenHeroesforLife.

Pada kategori Campaign di bidang teknologi, penghargaan diberikan kepada PT Hewlett Packard Indonesia (HP Indonesia) atas produk Victus by HP sebagai Kampanye Mixed Media Terbaik dengan HP Lokal Deal. Lalu, Grab Indonesia (Grab) dengan Kampanye Aktivasi Terbaik melalui program Grab PercayaProjeX.

Sementara, kategori Campaign bidang edukasi dimenangkan PT Afiulafiu Finance Indonesia (Afiulafiu Paylater) melalui program Generasi Muda Semua Bisa. Di bidang lingkungan, ada PT Mayora Indah Tbk melalui merek Le Minerale untuk untuk kampanye Gerakan Ekonomi Sirkular.

Pada tema kewirausahaan, deretan karya terbaik dimenangkan oleh XL Axiata dengan program Sispreneur, PT HM Sampoerna TBK (Sampoerna) dengan Festival UMKM Bangkit Wirausaha, dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan Pesta Rakyat Simpedes 2022.

Sementara itu, kategori Konten Terbaik dimenangkan PT Vivo Mobile Indonesia (Vivo) melalui konten Vivo X80 Series.

Mata Lokal Award juga memberikan anugerah Most Valuable Person (MVP) kepada beberapa sosok inspiratif, antara lain Founder Studio Afianoma Yu Sing, Founder Yayasan Cinta Anak Bangsa Veronica Colondam, serta Presiden Komunitas Tangan di Atas Ibrahim Mochamad Bafagih.

Yu Sing saat menerima penghargaan Mata Lokal Award Dok. Tribunnews Yu Sing saat menerima penghargaan Mata Lokal Award

Para pemenang mendapatkan sertifikat serta trofi Mata Lokal Award berbentuk kepala lembuswana, yaitu hewan mitologi yang menjadi kendaraan Raja Kutai Martapura Mulawarman. Lembuswana dipilih karena dianggap sebagai simbol kejayaan sehingga para pemenang Mata Lokal Award diharapkan dapat meneruskan keberhasilan dalam kebaikan dan menciptakan dampak baik bagi sekitar.

Berakhirnya Mata Lokal Award sekaligus menandai awal baru bagi Tribunnews bersama jaringan Tribun Network untuk menyebarkan nilai dan menciptakan dampak, baik dari Aceh hingga Papua. Tribun Network senantiasa mengapresiasi dan mengajak siapa saja, baik pelaku industri, pemerintahan, maupun perseorangan, untuk berbondong-bondong menunaikan kebaikan.

Untuk daftar lengkap pemenang Mata Loka Award dapat diakses di matalokalaward.id/pemenang. Sampai jumpa di Mata Lokal Award edisi berikutnya.

Adblock test (Why?)


Sederet Instansi Raih Penghargaan Mata Lokal Award - Kompas.com - Kompas.com
Kelanjutan artikel disini

2 Pelatih Lokal yang Terbukti Lebih Hebat ketimbang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor 1 Siap Cetak Sejarah! - Okezone Bola

SEBANYAK 2 pelatih lokal yang terbukti lebih hebat ketimbang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia akan diulas Okezone. Pelatih-pelatih ini pernah membesut Timnas Indonesia U-19, layaknya Shin Tae-yong.

Ketika dua pelatih ini sanggup mempersembahkan gelar bagi Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, belum sanggup melakukannya. Lantas, siapa saja dua pelatih lokal yang dimaksud?

Berikut 2 pelatih lokal yang terbukti lebih hebat ketimbang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia:

2. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini

Shin Tae-yong sanggup membawa Timnas Indonesia di dua level (senior dan U-19/U-20) lolos ke Piala Asia. Namun, Fakhri Husaini tidak kalah hebatnya ketimbang Shin Tae-yong. Ia mengantarkan Timnas Indonesia U-16 lolos ke Piala Asia U-16 2018 dan Timnas Indonesia U-19 (Piala Asia U-19 2020).

Fakhri Husaini juga sanggup memenangkan trofi di level regional, sesuatu yang belum bisa dilakukan Shin Tae-yong. Fakhri Husaini tercatat membawa Bagus Kahfi dan kawan-kawan juara Piala AFF U-16 2018.

Sementara Shin Tae-yong, gagal total saat membawa Timnas Indonesia U-19 berkiprah di Piala AFF U-19 2022, yang mana skuad Garuda Nusantara rontok di fase gugur. Di sisi lain, Fakhri Husaini pernah membawa Timnas Indonesia U-19 finis ketiga di Piala AFF U-19 2019.

Follow Berita Okezone di Google News

Adblock test (Why?)


2 Pelatih Lokal yang Terbukti Lebih Hebat ketimbang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor 1 Siap Cetak Sejarah! - Okezone Bola
Kelanjutan artikel disini

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...