Rechercher dans ce blog

Senin, 15 Mei 2023

Dirakit Lokal, Yaris Cross Punya Kandungan Lokal Tembus 80 Persen - detikOto

Jakarta -

Toyota akan menambah Yaris Cross dalam line up Sport Utility Vehicles (SUV) terbaru yang diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Menariknya tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) Yaris Cross lebih tinggi dari Innova Zenix.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengungkapkan Yaris Cross memiliki lebih tinggi dari Innova Zenix. Seperti diketahui Innova Zenix sudah mencapai TKDN hingga 60 persenan saat peluncuran lalu.

"Ini memang produksi lokal hybrid kedua kita ya, pertama ada Innova Zenix. Tapi angka TKDN-nya ada di 80 persen," ujar Henry saat peluncuran Yaris Cross di Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

Yaris Cross ini dibekali dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid. Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN, Bob Azam menjelaskan angka TKDN Yaris Cross lebih tinggi dari Innova Zenix lantaran mesinnya sudah diproduksi dalam negeri. Sedangkan baterainya jenis lithium yang masih diimpor dari Jepang.

"Ya, karena engine-nya dibikin di sini. Tinggal baterainya saja (yang belum)," ujar Bob Azam dalam kesempatan yang sama.

"Kita pakai baterai hybrid ukuran 0,7 kilowatt, sebagian komponen sudah kita lokalisasi, sudah kita IC pack di sini. Beberapa komponen sudah kita lokalisasi," tambah dia.

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Yaris Cross di Indonesia, Senin (15/5/2023). Ini foto-foto lengkapnya.PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Yaris Cross di Indonesia, Senin (15/5/2023). Ini foto-foto lengkapnya. Foto: Rifkianto Nugroho

All New Yaris Cross yang diproduksi di Indonesia ditawarkan bensin 1.5 liter berkode 2NR-VE dengan figur tenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Pada varian bensin ini ditawarkan dengan pilihan transmisi manual dan CVT.

Sedangkan Yaris Cross teknologi hybrid berkode 2NR-VEX yang bisa memuntahkan tenaga 67 kW dan torsi 121 Nm dengan tambahan baterai lithium ion di mana motor listriknya berdaya 59 kW dan torsi 141 Nm. Khusus varian hybrid hanya tersedia transmisi CVT.

Mesin tersebut berbeda dengan versi Jepang dan Eropa. Maka dari itu statusnya menyandang "World Premiere".

All-New Yaris Cross telah mendapatkan berbagai advance safety features. Urban SUV ini dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Yaris Cross di Indonesia, Senin (15/5/2023). Ini foto-foto lengkapnya.PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Yaris Cross di Indonesia, Senin (15/5/2023). Ini foto-foto lengkapnya. Foto: Rifkianto Nugroho

Selain fitur di atas, Yaris Cross dilengkapi fitur keamanan aktif Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch.

Kendati sudah diperkenalkan secara world premiere, Toyota belum merilis harga resmi ke publik. Sebab pengumuman harga baru akan dimulai saat Yaris Cross mulai diproduksi lokal. Bocorannya Yaris Cross akan dijual di atas Rp 300 juta.

Simak Video "Review Toyota Yaris Cross: Harga Mulai Rp 300 Juta, Layak Dipinang?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

Adblock test (Why?)


Dirakit Lokal, Yaris Cross Punya Kandungan Lokal Tembus 80 Persen - detikOto
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...