Rechercher dans ce blog

Selasa, 14 Maret 2023

Lestarikan Kearifan Lokal, Parade Dulang Adat Sasak MAN 1 Lobar Meriah - Lombok Post

GIRI MENANG-MAN 1 Lombok Barat (Lobar) secara konsisten mengenalkan sekaligus melestarikan potensi kearifan budaya lokal berupa “Parade Jauq Dulang” kepada peserta didik, yang berlangsung Sabtu (12/3).

“Kami terus berupaya melestarikan budaya adat Sasak yang mewarnai suasana kebersamaan dan keakraban di lingkungan madrasah kami,” terang Guru Bina Seni Budaya MAN 1 Lobar Rabiatul Adawiyah.

Kegiatan “Parade Jauq Dulang” ini dihelat secara meriah oleh madrasah, yang diikuti  131 siswa dari kelas X, XI, dan XII dari semua jurusan.

Tugas proyek dari mata pelajaran Seni Budaya ini menilai aspek kerjasama tim, teknis penyajian dan aspek kerapian baju adat Sasak  “lambung” perempuan, dan laki-laku dengan “pigon” sapuk yang rapi, serta menu khas adat Sasak harus tersaji.

Lebih lanjut, tradisi “Jauq Dulang” dalam begawe beleq memberikan makna filosofi bagi siapapun. “Ini dilakukan agar kita terus menanamkan nilai- nilai budaya lokal yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Sasak,” pungkasnya.

Kepala MAN 1 Lobar H Abdul Aziz Faradi mengatakan, selaku pimpinan madrsah, dirinya mengapresiasi inovasi dan kreativitas guru pembina, dalam menggali keunggulan potensi budaya daerah.

“Saya menyambut baik adanya kegiatan ini karena manfaatnya sangat banyak,” kata dia.

Seperti menumbuhkan semangat dan motivasi diri untuk menanamkan kecintaan para siswa dengan khazanah budaya daerah.

Dirinya mendorong agar anak didiknya terus berkarya dan berinovasi, sehingga kedepannya siswa mampu mengembangkan potensi diri dan semangat keberagamaan sebagai implementasi Kurikulum Merdeka, serta semangat Moderasi Budaya dan Agama, dan kedepannya diharapkan mampu bersinergisitas dalam bingkai NKRI.

“Kami sangat menikmatinya ketika acara ini dilakukan di halaman madrasah, yang diiringi dengan tepuk tangan yang gemuruh sebagai wujud rasa bangga, atas budaya daerah kita yang terus kita lestarikan di era generasi milenial sekarang ini agar dekat dengan budayanya,” tandas kepala madrasah. (yun/r3)

Adblock test (Why?)


Lestarikan Kearifan Lokal, Parade Dulang Adat Sasak MAN 1 Lobar Meriah - Lombok Post
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...