Rechercher dans ce blog

Minggu, 12 November 2023

Ramai Seruan Boikot Produk Pro Israel, Jadi Peluang Emas Produk Lokal - detikFinance

Jakarta -

Produk atau brand dari perusahaan yang terindikasi memberikan dukungan terhadap Israel mulai diboikot. Di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa yang intinya haram mendukung agresi Israel ke Palestina baik langsung maupun tidak langsung seperti membeli produk Israel maupun pendukungnya.

"Mendukung pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik langsung maupun tidak langsung, seperti dengan membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel hukumnya haram," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Prof Asrorun Niam Sholeh saat menyampaikan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/11).

Meski tidak disebutkan apa saja produknya, kampanye boikot produk-produk yang disinyalir mendukung Israel berseliweran di media sosial dan menjadi perbincangan warganet. Pemerintah pun merespons baik aksi boikot ini karena dinilai menjadi kesempatan produk dalam negeri untuk menembus pasar global.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya saya kira itu suatu peluang. Gerakan konsumen dunia itu kan juga bukan hanya sekedar murah, berkualitas, tapi juga nilai-nilai, ada 3 hal. Jadi, selain profit, people dan planet, isu lingkungannya juga ada," kata Menkop UKM Teten Masduki ditemui di Senayan Park, Jakarta Pusat.

Di tengah aksi boikot produk Israel dan pendukungnya, berikut produk lokal sejenis yang bisa jadi alternatif atau penggantinya:

1. CFC hingga Richeese Factory

Banyak makanan cepat saji lokal yang menyajikan menu utama ayam goreng yakni Hisana Fried Chicken (HFC), Sabana Fried Chicken, D'Kriuk, Jatinangor House, Richeese Factory dan masih banyak lagi.

Merek-merek tersebut bisa jadi alternatif di tengah ramai seruan boikot McDonald's dan KFC karena diduga mendukung Israel. Seperti diketahui bahwa kedua waralaba itu ada yang berlokasi di Israel, bahkan McDonald's secara terang-terangan memberikan bantuan berupa makanan gratis untuk prajurit militer Israel atau Israel Defense Forces (IDF).

2. Burger Lokal

Burger King juga dikabarkan turut menyumbangkan makanan gratis kepada tentara Israel. Usai aksi itu, muncul seruan boikot di berbagai negara termasuk Indonesia.

Nah sebagai penggantinya, ada produk lokal yang menyajikan menu utama burger yakni Burger Bangor, Blenger Burger, Don's Burger, Mister Burger, hingga Flip Burger. Soal rasa, tentunya tidak kalah enak.

3. Kopi Lokal Alternatif Starbucks

Starbucks ramai diberitakan karena menggugat serikat pekerja Starbucks Workers United atas unggahan di media sosial yang berisi konten pro-Palestina. Sejak itu perusahaan kopi asal Amerika Serikat (AS) tersebut dicap sebagai pendukung Israel.

Di Indonesia, gerai Starbucks turut menjamur. Banyak merek kopi lokal yang bisa jadi alternatif seperti Kopi Kenangan, Janji Jiwa, Filosofi Kopi, Kopi Lain Hati, Kopi Tuku, hingga Anomali Coffee.

4. Alternatif PUMA

Puma, perusahaan yang memproduksi sepatu dan perlengkapan olahraga ini telah lama diboikot karena menjadi sponsor internasional tunggal Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA).

Alih-alih membeli PUMA, di Tanah Air juga memiliki brand yang khusus memproduksi pakaian olahraga seperti Aum Apparel, Better Tomorrow, Leela activewear, Svnday Active.

(aid/rrd)

Adblock test (Why?)


Ramai Seruan Boikot Produk Pro Israel, Jadi Peluang Emas Produk Lokal - detikFinance
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...