Rechercher dans ce blog

Rabu, 13 September 2023

Pengelolaan Anak Usaha BUMN Mesti Utamakan SDM Lokal - Medcom.Id

Jakarta: Anak usaha BUMN dinilai mesti dikelola oleh sumber daya manusia (SDM) dalam negeri. Hal tersebut merespons penunjukan Direktur Utama Telkomsigma yang berasal dari Malaysia. Anak usaha PT Telkom Indonesia itu harusnya dipimpin profesional dari Indonesia.
 
"Dalam mengelola anak perusahaan BUMN seperti Telkomsigma, seharusnya kita mempertimbangkan lebih lanjut potensi sumber daya manusia lokal yang berkompeten dan memiliki pemahaman mendalam tentang pasar Indonesia," kata Sekretaris Jenderal Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 September 2023.

Indonesia punya banyak SDM mumpuni


Menurut dia, Indonesia memiliki banyak SDM dengan keahlian dan kualifikasi yang mumpuni. Di sisi lain, Anggawira mengutip peraturan menteri terkait persyaratan, tata cara pengangkatan, dan pemberhentian anggota direksi badan usaha milik negara.
 
Dia mengatakan peraturan itu mengamanatkan pengelolaan anak usaha BUMN oleh SDM dari Indonesia. Sehingga, penunjukan pihak asing untuk memimpin Telkomsigma mesti menjadi bahan evaluasi.
 
"Saya rasa meskipun kerja sama lintas negara adalah hal yang penting, namun dalam konteks pengelolaan perusahaan-perusahaan milik negara, kompetensi lokal seharusnya diutamakan," ungkap Anggawira.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya mengajak para pemangku kepentingan mengedepankan kolaborasi dengan berbagai pihak. Hal tersebut dibutuhkan untuk memastikan pengelolaan perusahaan anak tetap berada pada koridor yang sesuai dengan kepentingan nasional dan potensi SDM Indonesia.
 
Ke depan, Hipmi berharap diskursus soal kepemimpinan anak usaha BUMN dapat memicu usaha bersama. Khususnya, memperkuat penggunaan SDM lokal dalam pengelolaan perusahaan-perusahaan BUMN.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Adblock test (Why?)


Pengelolaan Anak Usaha BUMN Mesti Utamakan SDM Lokal - Medcom.Id
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...