Rechercher dans ce blog

Sabtu, 19 Agustus 2023

Semarak HUT RI ke 78, Purbalingga Gelar Pawai Kemerdekaan Ajang Budaya Lokal - SuaraPurwokerto

PURWOKERTO.SUARA.COM- Purbalingga merayakan Semarak HUT RI ke-78 dengan meriah melalui Pawai Kemerdekaan, sebuah ajang budaya lokal yang menggelorakan semangat nasionalisme, Sabtu (19/08/2023).

Pawai kali ini mengusung tema 'Mewujudkan Purbalingga Maju dan Berkebudayaan'. Melalui tema ini pawai didominasi penampilan aspek budaya, adat dan juga seni. 

Dalam perayaan tersebut, berbagai elemen budaya dan tradisi khas daerah dihadirkan dengan megah, menggambarkan semangat kebangsaan dan cinta terhadap Tanah Air.

Pawai Budaya kali ini diikuti oleh 152 peserta, mulai dari OPD/instansi, BUMD, Sekolah, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan, dan sebagainya. Selain aspek budaya, Pawai Budaya kali ini juga digunakan sebagai ajang promosi layanan OPD.

Baca Juga:Jadi Kota Pensiunan yang Sepi, Banjarnegara Punya Tokoh-tokoh Besar di Balik Kemerdekaan RI

Ribuan warga Purbalingga juga turut berpartisipasi dalam pawai ini, mengenakan pakaian adat dan menghias kendaraan dengan bendera merah-putih dll.

Sedangkan Bupati Tiwi bersama suami mengenakan Pakaian Adat Suku Bugis Sulawesi Selatan, dan Wakil Bupati H Sudono beserta isteri mengenakan pakaian adat Jawa Tengah. Sementara Ketua DPRD HR Bambang Irawan beserta isteri mengenakan pakaian adat Sumatera Barat untuk menyaksikan pawai.

Berbagai pertunjukan dipertontonkan seperti Karawitan, Ebeg, Lengger, Begalan, aneka tari tradisional, Ujungan, Tektek/kenthongan. Peserta pawai menampilkan parade pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Bupati Tiwi mengatakan Indonesia harus berdikari secara ekonomi juga harus berdaulat di bidang politik.

"Indonesia selain harus berdikari secara ekonomi, berkedaulatan di bidang politik juga harus berkepribadian dalam kebudayaan," ungkapnya.

Baca Juga:Hadir di Purwokerto, Breeze Siap Mulai Babak Baru Industri Kreatif dan Hiburan di Jawa Tengah

"Dengan tema kali ini dalam semarak kemerdekaan diharapkan masyarakat Purbalingga tidak hanya mencintai tanah air akan tetapi juga mencintai terhadap tradisi budaya sendiri",tambahnya.

"Mudah mudahan pawai ini bermanfaat sebagai suguhan hiburan, tontonan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga," pungkasnya.

Pawai ini juga dihadiri oleh jajaran Forkompinda, pimpinan OPD serta BUMD. Ribuan masyarakat antusias menyaksikan pawai yang dimulai dari GOR Guntur Darjono dan finish di Alun-alun.

Adblock test (Why?)


Semarak HUT RI ke 78, Purbalingga Gelar Pawai Kemerdekaan Ajang Budaya Lokal - SuaraPurwokerto
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...