Rechercher dans ce blog

Rabu, 21 Juni 2023

Pemkab Bangka Selatan Distribusikan 15 Ton Beras Lokal Selama Program Aik Bakung - Bangkapos.com

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Belasan ton beras lokal telah didistribusikan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung selama kurun waktu hampir satu tahun terakhir.

Distribusi berasal ini terutama dalam program Aik Bakung atau Ajak Bupati Sambang Kampung dari seri pertama sampai ke-10.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Dkumindag) Kabupaten Bangka Selatan, Ivan Sumirno mengatakan, sudah sebanyak 15 ton beras lokal didistribusikan selama program Aik Bakung.

Di mana setiap seri sebanyak 1,5 ton beras lokal selalu didistribusikan dalam pasar murah.

“Ini sudah seri ke-10 jadi kurang lebih sudah 15 ton, beras sudah didistribusikan selama Aik Bakung ini,” katanya kepada Bangkapos.com, Rabu (21/6/2023).

Ivan menyebut, setiap program Aik Bakung pihaknya sendiri memang selalu menggelar pasar murah.

Dengan menjual berbagai kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat, yang harganya sedikit berbeda dengan di pasaran.

Selain untuk penanganan inflasi, kegiatan pasar murah juga berguna untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Tidak hanya itu beras lokal juga dijual lebih murah. Bahkan telah disubsidi sebesar 20 persen oleh pemerintah. Operasi pasar murah tersebut bekerja sama dengan Bulog Pangkalpinang. Tujuannya adalah untuk meringankan beban masyarakat dengan menyediakan sembako di bawah harga pasar.

“Dalam operasi pasar murah ini, kami menyediakan beberapa bahan pokok lebih murah,” papar Ivan.

Lebih lanjut ungkapnya, harga-harga yang ditawarkan dalam operasi pasar murah tersebut. Beras produk lokal yaitu dari Desa Rias, ada beras putih dan beras merah.

Harga beras juga bervariasi beras putih kemasan lima kilogram dijual hanya Rp50 ribu dari harga normalnya Rp60 ribu, sedangkan untuk beras merah Rp55 ribu untuk harga normal Rp65 ribu.

Dia berharap bahwa melalui operasi pasar murah ini, masyarakat dapat memperoleh kebutuhan sembako dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga dapat membantu perekonomian mereka.

Ia juga turut mengajak masyarakat untuk selalu membeli produk lokal.

“Kepada masyarakat silakan beli beras lokal kita setiap ada kegiatan Aik Bakung, selain murah dan memang produk asli lokal Desa Rias dengan harga yang lebih murah,” pungkasnya. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Adblock test (Why?)


Pemkab Bangka Selatan Distribusikan 15 Ton Beras Lokal Selama Program Aik Bakung - Bangkapos.com
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...