Rechercher dans ce blog

Rabu, 28 Juni 2023

Jelang Iduladha Harga Cabai Merah Lokal di Ciamis Cenderung Naik - Tribun Priangan

TRIBUNPRIANGAN.COM, CIAMIS - Dalam seminggu ini harga cabai merah lokal tanjung di sentra sayur mayur kawasan agropolitan Sukamantri Ciamis naik tajam.

Harga cabai merah lokal tanjung di tingkat petani yang seminggu lalu masih di kisaran Rp 30.000/kg, sekarang sudah menembus angka Rp 65.000/kg. Naik dua kali lipat lebih.

“Dalam seminggu ini harga cabai merah lokasl tanjung ada kenaikan sampai 100 persen lebih . Seminggu lalu masih Rp 30.000/kg. Hari ini (H-2 Idul Adha)  sudah tembus angka  Rp 65.000/kg. Kenaikannya lebih dari  2 kali lipat,” ujar Pipin Arif Apilin, petani yang juga Ketua Gapoktan Karangsari Desa Cibeureum Sukamantri Ciamis kepada Tribun Selasa (27/6).

Naik melejitnya harga cabai merah lokal tanjung tersebut menyusul terjadi kenaikan drastis permintaan di pasar-pasar lokal. Terutama dari kalangan ibu-ibu rumah tangga maupun dari usaha-usaha bumbu giling seperti bumbu rendang, maupun bumbu gulai.

“Permintaan meningkat, sementara stok terbatas. Di Sukamantri sekarang jarang yang menanam cabai lokal tanjung. Paling juga sekitar 2,5 hektar kebun cabai merah lokal tanjung yang  lagi panen menjelang Idul Adha ini ,”katanya.

Yang banyak malah cabai merah keriting dan  cabai rawit.

“Stok cabai jenis lainnya aman seperti cabai merah keriting, cabai besar TW maupun cabai rawit  Sementara stok cabai merah lokal kurang aman,” ujar Pipin.                                    

“Harga cabai rawit domba malah turun anjlok”

Sebenarnya dalam seminggu terakhir harga cabai merah keriting dan cabai besar TW di tingkat petani di Sukamantri menurut Pipin sebenarnya juga naik. Tapi naiknya tidak melejit seperti harga cabai merah lokal tanjung.

Harga cabai merah keriting di tingkat petani dalam seminggu ini naik dari Rp 15.000/kg jadi Rp 25.000/kg . Berikut harga cabai besar TW naik dari Rp 15.000/kg jadi Rp  20.000/kg.

Sementara harga cabai rawit merah (cabai rawit domba) yang selama ini stabil mahal bahkan sampai menembus angka di atas Rp 100.000/kg di tingkat eceran.

Namun dalam  seminggu ini harga rawit domba di tingkat petani di Sukamantri anjlok dari Rp 25.000/kg jadi Rp 18.000/kg.

“Harga cabai rawit merah ( cengek domba) lagi anjlok. Turun drastis,” terangnya.

Sedangkan harga tomat masih stabil di angka Rp  2.500-Rp 3.000/kg.

“Ynag bagus malah buncis. Sekarang harga buncis di tingkat petani sudah Rp 13.000/kg,” imbuh Pipin.

Menjelang hari H Idul Idha 2023 ini, (H-2, Selasa, 27/6) harga eceran  cabai merah lokal tanjung di pasar lokal Pasar Manis Ciamis  dalam 4 hari ini naik tajam dari Rp 70.000/kg jadi Rp 120.000/kg.

“Sedangkan harga cabai lainnya relatif stabil seperti cabai merah keriting, cabai rawit maupun cabai besar TW,” ujar Henhen, pedagang sayur mayur di Blok A Pasar Manis Ciamis kepada Tribun Selasa (27/6).

Berikut harga kacang buncis  di tingkat ecera juga naik melejit  dari Rp 14.000/kg jadi Rp 20.000/kg.(*)

Adblock test (Why?)


Jelang Iduladha, Harga Cabai Merah Lokal di Ciamis Cenderung Naik - Tribun Priangan
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...