Rechercher dans ce blog

Selasa, 13 Juni 2023

Jaga Kearifan Lokal Ilkom Unpas Gelar Festival Komunikasi Budaya - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG - Ilmu Komunikasi (Ilkom), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Unpas gelar Festival Komunikasi Budaya: Kearifan Lokal dan Pameran Fotografi.

Para mahasiswa menampilkan pertunjukan dengan mengangkat budaya lokal melalui fashion show, upacara adat, makanan tradisional budaya setempat, sampai lomba pidato.

“Kurang lebih 400 mahasiswa angkatan 2021 menampilkan 40 budaya, baik lokal maupun mancanegara, karena mahasiswa juga belajar komunikasi lintas budaya”, ungkap Wakil Dekan Il FISIP Unpas, Yulia Segarwati (10/6/2023).

"Budaya yang ditampilkan beragam, dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Maluku," imbuhnya.

Antusisme mahasiswa menambah kemeriahan festival budaya tahun ini, terlihat dari pakaian yang dikenakan hingga penampilan yang dibawakan. Mahasiswa menampilkan tarian modern dan tradisional, drama musikal, lagu daerah, dan kesenian lainnya oleh para dosen di lingkungan prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unpas. Lima kelompok terbaik mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi.

“Kegiatan akademik tidak selalu di dalam kelas. Ilmu pengetahuan tidak melulu didapat melalui buku, teks, teori, atau paparan dosen. Mahasiswa bebas berkreasi, namun kami tetap berikan panduannya,” jelas Yulia.

Kepala Program Studi FISIP Unpas, Rasman Sonjaya menyebut festival budaya bukan sekadar implementasi mata kuliah, namun juga implementasi visi misi Unpas dalam memelihara budaya.

“Kami berupaya menghadirkan proses pembelajaran yang variatif dan anti mainstream dan ini bisa jadi bagian dari learning to do, learning to be, dan learning to live together." pungkasnya. (PKLVirlyta/Fauziah Ismi)

Adblock test (Why?)


Jaga Kearifan Lokal, Ilkom Unpas Gelar Festival Komunikasi Budaya - Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...