Rechercher dans ce blog

Senin, 05 Juni 2023

Belitung Timur terus berdayakan ekonomi masyarakat lokal - ANTARA Bangka Belitung

Manggar, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus memberdayakan ekonomi masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan promosi.

"Kegiatan Timor de  Belitung salah satu upaya kami dalam memberdayakan ekonomi masyarakat lokal karena merupakan wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mempromosikan dan mengenalkan produk unggulan mereka," kata Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Senin.

Bupati memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata karena sukses menggelar kegiatan Timor de Belitong yang diikuti sebanyak 60 pelaku ekonomi kreatif dan sekitar 50 pertunjukan seni dan kebudayaan daerah.

"Dalam kegiatan Timor de Belitong ini bukan hanya merupakan perayaan keindahan dan keunikan warisan budaya, tetapi juga tentang memberikan kesempatan kepada UMKM lokal untuk tumbuh dan berkembang," kata Burhanuddin.

Baca juga: Belitung Timur perkenalkan produk kreatif di Timor de Belitong

Bupati mengatakan, dalam kegiatan itu pengunjung tidak hanya disuguhi pertunjukan seni dan budaya namun turut disuguhi dengan parade fashionshow yang menampilkan keindahan dan keunikan batik khas daerah.

"Kegiatan Timor de Belitong yang menggabungkan parade budaya dan bazar UMKM adalah untuk memberdayakan ekonomi masyarakay lokal," ujarnya.

Bupati mengatakan, dengan mengintegrasikan budaya dan UMKM dapat menciptakan sinergitas yang kuat antara kekayaan budaya dan potensi ekonomi UMKM lokal.

"Kita juga telah memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memamerkan dan menjual produk mereka kepada pengunjung,” kata Aan, sapaan akrab bupati.

Baca juga: Berikan kompensasi listrik 24,6 T ke PLN, pemerintah hadir lindungi rakyat dalam pemulihan ekonomi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur Evi Nardi mengatakan kegiatan Timor de Belitong juga untuk pengembangan sebanyak 17 subsektor ekonomi kreatif di antaranya adalaj desain komunikasi visual, desain prodek, fashion, video, kriya, fotografi, kuliner, musik, seni pertunjukan, seni rupa serta televisi dan radio.

Ia mengatakan, bazar yang diikuti 60 UMKM mampu menggerakkan perekonomian dimana perputaran uang selama empat hari pelaksanaan Timor de Belitong mencapai Rp600 juta.

"Kegiatan ini juga mendorong kemajuan dan pengembangan produk ekonomi kreatif dan UMKM lokal dengan omset Rp600 juta selama empat hari kegiatan,” ujar Evi.

Baca juga: Pemprov dan Jamkrida Babel siap jaga ekonomi rakyat dari lintah darat

Adblock test (Why?)


Belitung Timur terus berdayakan ekonomi masyarakat lokal - ANTARA Bangka Belitung
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...