Rechercher dans ce blog

Selasa, 04 April 2023

SMPK Virgo Fidelis Maumere Ikut Bazar, Sajikan Pangan Lokal di KPU Maumere - Tribun Flores

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Perwakilan siswa dan guru SMPK Virgo Fidelis Maumere memenuhi undangan pihak Kantor Komisi Pemilihan Umum Maumere menggelar Bazar pada momen serah terima Kirab Pemilu 2024, di kompleks KPU Maumere, 3 April 2023.

Bazar kali ini terasa sangat istimewa karena SMPK Virgo Fidelis Maumere atau sering disebut SMPK Vifi Maumere menjadi salah satu dari dua sekolah di Sikka yang diundang oleh KPU Maumere untuk menggelar bazar pada acara tersebut.

Kepala sekolah SMPK Virgo Fidelis Maumere, Sr. Emilia, SSPS, saat dihubungi TribunFlores.com mengatakan, yang menarik dari bazar yang dibawakan oleh siswa SMPK Virgo Fidelis Maumere adalah bahan-bahan yang digunakan yakni mengedepankan bahan-bahan lokal.

"Kita bersama siswa menggelar bazar dengan mengutamakan bahan-bahan lokal. Kita memanfaatkan bahan-bahan lokal, mengolahnya menjadi menu yang dapat dinikmati oleh semua orang. Pameran mengutamakan bahan-bahan lokal inilah yang mungkin menjadi alasan pihak KPU untuk mengundang kita mengadakan bazar di sana," kata Sr. Emilia.

Baca juga: Utamakan Bahan Pangan Lokal, Siswa-Siswi SMPK Virgo Fidelis Maumere Gelar Pameran dan Bazaar

Sr. Emilia mengungkapkan hal-hal yang ditampilkan oleh siswa dan guru SMPK Virgo Fidelis Maumere pada acara tersebut sejatinya mau mengedukasi masyarakat akan pentingnya memanfaatkan bahan-bahan lokal yang tersedia atau mudah didapatkan.

"Selama ini kita kadang lihat orang-orang dari Jawa datang ke sini lalu mereka beli pisang atau bahan-bahan lokal lainnya lalu mereka olah dan kemudian jual kembali kepada kita. Padahal sebetulnya kita juga bisa mengolah bahan-bahan lokal yang tersedia di sekitar kita dan menjualnya keluar sehingga mendatangkan keuntungan ekonomi untuk kita sendiri," ucapnya.

Dalam proses persiapan sebelum bazar dilaksanakan, Sr.Emilia mengaku para siswa berantusias dan cekatan dalam menyiapkan segala hal untuk keperluan bazar.

"Para siswa sangat bersemangat dalam bazar ini. Mereka antusias mempersiapkan berbagai hal hingga sampai pada tahap dibazarkan," ungkapnya.

Bazar oleh SMPK Vifi Maumere
Bazar oleh SMPK Vifi Maumere (TRIBUNFLORES.COM/NOFRI FUKA)

Sehingga dengan bazar yang diadakan oleh SMPK Virgo Fidelis Maumere ini, Sr. Emilia mengharapkan kiranya dapat menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan bahan-bahan lokal yang tersedia dan mudah didapatkan, yang dapat diolah menjadi barang yang bisa mendatangkan keuntungan ekonomis.

Sementara itu, Guru Pendamping P5 SMPK Virgo Fidelis Maumere, Maria Erni mengatakan, bazar yang diadakan oleh siswa SMPK Virgo Fidelis Maumere di Kantor KPU Maumere merupakan realisasi dari sistem pembelajaran P5 yakni potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial yang selama ini diterimakan siswa.

"Ini bagian dari penguatan terhadap P5 yang selama ini kita ajarkan kepada siswa," ungkapnya.

Erni yang berprofesi sebagai guru matematika itu mengakui bahwa ada banyak manfaat yang dapat diperoleh para siswa lewat bazar tersebut seperti meningkatkan kreatifitas siswa dalam menghasilkan sesuatu, melatih jiwa kewirausahaan, memampukan siswa untuk mampu bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan nilai-nilai hidup lainnya.

Adapun jenis makanan berbahan lokal yang disajikan dalam bazar itu diolah dari bahan-bahan seperti, daun singkong, beras, buah-buahan segar, sayur-sayuran, ubi, pisang dan bahan-bahan lokal lainnya.

Adblock test (Why?)


SMPK Virgo Fidelis Maumere Ikut Bazar, Sajikan Pangan Lokal di KPU Maumere - Tribun Flores
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...