Rechercher dans ce blog

Minggu, 23 April 2023

Ganjar Jadi Capres PDIP Dinilai Kurang Berpengaruh pada Politik Lokal - detikSumut

Batam -

Ganjar Pranowo resmi ditunjuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai capres 2024. Penetapan Ganjar sebagai capres PDIP dinilai tidak akan berpengaruh signifikan pada politik lokal tingkat eksekutif, khususnya di Kepulauan Riau (Kepri).

Pengamat politik Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Rahmayandi Mulda mengatakan, penetapan Ganjar Pranowo tidak berpengaruh signifikan untuk politik lokal di tingkat Kepri dan kabupaten kota. Salah satu faktor ialah tidak terlihat sosok yang menonjol dari kader PDIP di tingkatkan lokal.

"Tidak terlalu berpengaruh karena calon Presiden dengan politik lokal baik itu di DPRD atau legislatif maupun di Pilwalkot dan Pilgub dinamika politiknya berbeda," kata Rahmayandi, Senin (24/4/2023).

Ia menuturkan bahwa pengaruh politik nasional kurang menjadi antusias masyarakat Kepri. Menurutnya masyarakat memang memang mengenal calon presiden tapi tak memiliki ikatan emosional, hal itu berbeda dengan kepala daerah maupun legislatif di tingkat lokal.

"Pengaruh politik di tingkat nasional masyarakat kurang antusias, mereka cukup kenal calonnya saja kemudian memilih calon (Presiden) tersebut beda halnya di tingkat lokal kecenderungan masyarakat lebih memilih dengan adanya hubungan secara emosional dan politik transaksional," jelasnya.

"Politik lokal sangat kental dengan politik transaksional dan ikatan emosional beda halnya dengan politik di tingkat nasional, misalnya calon Presiden cukup dengan modal pencitraan yang baik di media, masyarakat akan simpati dgn calon tersebut," tambahnya.

Kurang berpengaruh Ganjar Pranowo yang ditetapkan capres dari PDIP untuk Kepri dan Batam lebih pada tidak adanya sosok calon eksekutif yang kuat ditingkatkan Provinsi Kepri maupun kabupaten kota. Meski PDIP Kepri dan kota Batam menguasai legislatif.

"Kalau PDIP Kepri dan Batam memiliki figur yang kuat mungkin bisa berbeda cerita. Efeknya akan lebih besar dengan pencapresan Ganjar," ujarnya.

Rahmayandi juga menyebutkan bahwa potensi kemenangan Ganjar di Kepri cukup tipis jika disandingkan dengan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Menurutnya Anies Baswedan lebih berpeluang besar menang di Kepri jika melihat pengaruh partai dan figur pemimpin lokal.

"Potensi kemenangan Ganjar untuk wilayah Kepri cukup tipis, kalau dari ketiga Capres potensi Anis di wilayah kepri lebih unggul karena memiliki sosok di balik partai pendukung yang cukup kuat di Kepri," ujarnya.

Simak Video "Ini Perkembangan Ekonomi Jateng di Tangan Ganjar yang Jadi Capres PDIP"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)

Adblock test (Why?)


Ganjar Jadi Capres PDIP Dinilai Kurang Berpengaruh pada Politik Lokal - detikSumut
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...