Rechercher dans ce blog

Jumat, 03 Maret 2023

SMKN 10 Padukan Tiga Kearifan Lokal Semarang - RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Angkat tema kearifan lokal pada gelaran karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMKN 10 Semarang. Kali ini menggabungkan tiga keragaman khas Kota Semarang, yakni makanan tradisonal, kesenian, dan permainan.

Kegiatan yang berlangsung di aula SMKN 10 Semarang ini dimeriahkan dengan pertunjukan musik dan tarian Semarangan dari siswa kelas X. Salah satunya tari Warag Dugder. Selain itu, ada 15 stan makanan tradisional karya peserta didik berjejer rapi. Ada lumpia, wingko babat, es siwalan.

“Ini judulnya restoran khas Semarang. Siswa diajarkan untuk mengenal makanan-makanan khas daerahnya,” kata Waka Kurikulum dan Koordinator P5 SMKN 10, Janto, Kamis (2/3).

Tujuan kegiatan ini untuk menggali potensi di sekitar agar bisa dikenal oleh siswa. Timbulnya rasa kepekaan yang bisa menyadarkan akan pentingnya melestarikan kearifan lokal.

Lebih lanjut, Janto mengaku kegiatan P5 ini untuk melatih kewirausahaan sejak dini. Peserta didik belajar tentang pengeluaran untuk modal, laba, serta menghitung margin. Pemasaran juga dilakukan siswa baik secara langsung serta melalui media sosial. “Secara nyata mereka langsung mempraktekkan berwirausaha dengan baik dan benar,” akunya.

Menurutnya pembangunan karakter peserta didik menjadi point utama. Melalui gelar karya P5 ini, melatih siswa berpikir kritis dan saling bekerjasama. “Proses ini yang paling penting. Tentang bagaimana karakter mereka ini bisa tumbuh. Saling kerjasama, gotong royong, dan berpikir kritis,” jelasnya.

Salah satu siswa Khoirunnisa Alya mengaku senang bisa belajar wirausaha bersama teman-temannya. “Banyak pengajaran yang didapat dari kegiatan ini,” katanya. (kap/mg3/mg4/ida)

Reporter:

Khafifah Arini Putri

Adblock test (Why?)


SMKN 10 Padukan Tiga Kearifan Lokal Semarang - RADAR SEMARANG
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...