Rechercher dans ce blog

Jumat, 31 Maret 2023

Minat Investor Lokal Berinvestasi di PPS Lampulo Tinggi, Kapal Tangkap Ikan di Atas 100 GT Minim - Serambinews.com

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman SP, MSi menyatakan, dalam dua tahun terakhir ini, minat investor lokal untuk menanamkan investasinya di Kawasan Industri Perikanan atau Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaradja Lampulo, Kota Banda Aceh, cukup tinggi.

“Ini terlihat, pada tahun ini ada dua perusahaan lagi, yang akan membangun cold storage dan prasarana lainnya di kompleks PPS Kutaradja Lampulo,” kata Aliman SP, MSi didampingi Kepala UPTD PPS Kutaradja Lampulo Fani, kepada Serambi, Kamis (30/3/2023) di Banda Aceh.

Kedua perusahaan yang membangun cold storage tersebut, sebut Aliman, adalah CV Fisheri Indo Makmur dan PT Sejahtera Laut Utama.

Sementara, cold storage yang telah ada di Kompleks PPS Kutaradja, ada tiga unit, satu unit milik Pemerintah Aceh, hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, dua lagi miliki swasta.

Tongkol Banjir di PPS Kutaradja Lampulo Banda Aceh, Harga Lelang Sempat Anjlok Jadi Rp 9000 Per Kg

Aliman mengatakan, kenapa pengusaha lokal di Aceh, pasca pandemi covid 19 ini, mulai tertarik dalam bisnis perdagangan ikan beku, hal ini disebabkan pasar ikan beku di luar Aceh dan luar negeri cukup terbuka lebar.

Bahkan, kata Aliman, PT Pembangunan Aceh (Pema), yang belum punya cold storage, bekerja sama dengan pihak ketiga, melakukan pembelian ikan segar, kemudian dibekukan, setelah beku dijual ke luar Aceh.

Bisnis perikanan, ungkap Aliman, sudah mulai disukai pengusaha lokal, karena perputaran uangnya besar dan cukup lancar.

Hal ini disebabkan, permintaan ikan segar dan beku, sebagai sumber protein bagi tubuh, sangat tinggi, baik untuk kebutuhan pasar lokal maupun luar.

Harga Lelang Ikan di PPS Kutaradja Lampulo Naik, Gelombang di Tengah Laut Tinggi

Potensi ikan di laut Aceh yang bersambung dengan Lautan Hindia dan Selat Malaka itu, kata Aliman, sangat besar.

Dia sebutkan mengapa hasil tangkapan ikan nelayan, pada musim tertentu sedikit, karena prasarana dan sarana alat tangkap ikan, serta jumlah boat kapasitas di atas 30 Gross Ton, masih sedikit, sehingga hasil tangkapan ikan jadi terbatas.

Pada musim banyak ikan, sebut Aliman, hasil tangkapan boat tangkap ikan nelayan PPS Kutaradja Lampulo berada pada kisaran 120 ton – 140 ton per hari.

Hasil tangkapan itu, bisa bertambah dua sampai tiga kali lipat lagi, jika prasarana dan sarana boat tangkap ikan yang dimiliki pengusaha perikanan lokal, banyak yang berkapasitas di atas 100 GT.

Kepala UPTD PPS Kutaradja Lampulo Fani menyebutkan, jumlah kapal tangkap ikan di atas 100 GT yang berlabuh di PPS Kutaradja Lampulo hanya ada 3 unit.

Adblock test (Why?)


Minat Investor Lokal Berinvestasi di PPS Lampulo Tinggi, Kapal Tangkap Ikan di Atas 100 GT Minim - Serambinews.com
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...