Rechercher dans ce blog

Minggu, 26 Maret 2023

2 Kerajaan Asia yang Pernah Serang dan Taklukkan Kerajaan Lokal - Okezone News

JAKARTA - Kisah mengenai kerajaan-kerajaan luar negeri yang pernah menyerang kerajaan lokal sangat menarik untuk ditilik. Sebab, tidak banyak masyarakat yang menyadari bahwa konflik bukan hanya terjadi antara kerajaan lokal satu dengan lainnya, namun juga dengan kerajaan asing.

Berikut adalah 2 kerajaan asing yang pernah menyerang kerajaan lokal.

 BACA JUGA:

1. Kerajaan Chola

Kerajaan Chola atau Dinasti Chola merupakan sebuah kerajaan kuno penguasa Tamil India Selatan. Melansir laman Britannica, Chola berasal dari lembah sungai Kaveri dengan Tiruchchirappalli sebagai ibu kotanya.

Kerajaan ini pernah menyerang Kerajaan Sriwijaya di Nusantara. Kala itu, Sriwijaya dipimpin oleh Sri Maharaja Sanggrama-Vijatotungga Warmadewa atau Sanggrama Wijayattunggawarman.

 BACA JUGA:

Fakta penyerangan tersebut ada dalam prasasti Tanjore tahun 1030, yang ditemukan di Candi Rajaraja. Sementara itu, Kerajaan Chola berada di bawah kepemimpinan Raja Rajendra Chola. Sayangnya, Raja Sanggrama tidak mampu menghalau serangan itu dan ditangkap oleh pasukan Chola. Sanggrama baru dibebaskan ketika Chola dipimpin oleh Raja Chola I.

Motif penyerangan tersebut diketahui karena adanya misi kerajaan di bidang politik dan ekonomi. Para sejarawan melihat bahwa Sriwijaya adalah kerajaan besar dengan ekonomi kuat yang sudah menjalin kerja sama dengan berbagai penguasa India sejak lama.

Follow Berita Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Adblock test (Why?)


2 Kerajaan Asia yang Pernah Serang dan Taklukkan Kerajaan Lokal - Okezone News
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...