Rechercher dans ce blog

Jumat, 20 Januari 2023

BI: Transaksi Mata Uang Lokal dengan 4 Negara US$ 3,8 Miliar - BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com- Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, total nilai transaksi penggunaan mata uang lokal atau local currency transaction (LCT) dengan negara mitra yakni Thailand, Malaysia, Jepang, dan Tiongkok sepanjang tahun 2022 sebesar ekuivalen US$ 3,8 miliar atau meningkat 52% dibandingkan realisasi 2021 yang ekuivalen US$ 2,5 miliar.

"Memang mungkin kenaikannya tidak signifikan, tetapi artinya, di masa pandemi ada penguatan LCT," tutur Dody dalam Konferensi Pers RDG BI, di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Advertisement

Dody menjelaskan bahwa BI akan menggunakan berbagai program terus ditingkatkan untuk mengakselerasi peningkatan penggunaan kerangka local currency transactions (LCT) dalam memfasilitasi perdagangan dan investasi dengan negara mitra, dengan memperkuat sinergi dengan otoritas terkait lainnya.

BI juga tengah membidik transaksi LCT dengan beberapa negara baru, yaitu India dan Korea Selatan. Untuk saat ini, Indonesia sudah memiliki kerja sama LCT dengan empat negara mitra, yaitu Thailand, Malaysia, Jepang, dan Tiongkok.

"Kita akan perluas LCS tidak seperti sekarang perdagangan dan investasi, bahkan ke depan transaksi pasar uang jadi judulnya enggak lagi LCS tapi local currency transaction. Ini sudah dilakukan LCT dengan Thailand, nanti kami perluas lagi di kawasan dengan Malaysia," tuturnya.

Adapun skema LCT merupakan inovasi pengembangan LCS dengan memperluas cakupan kerja sama untuk mengakomodasi transaksi sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) sebagai langkah antisipatif terhadap semakin berkembangnya digitalisasi sistem pembayaran.

Pengembangan LCT juga dimaksudkan untuk mendorong penguatan konektivitas pembayaran di kawasan (Regional Payment Connectivity/RPC) melalui kemudahan penyelesaian transaksi antara negara ASEAN-5 dalam mata uang lokal masing masing negara sehingga mendukung perdagangan dan investasi lintas negara di kawasan.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

Adblock test (Why?)


BI: Transaksi Mata Uang Lokal dengan 4 Negara US$ 3,8 Miliar - BeritaSatu.com
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...