INFO BISNIS - Shopee kembali membuat gebrakan yang membantu brand lokal semakin mudah mendapatkan perhatian calon pembeli. Perusahaan teknologi ini memfasilitasi para pengusaha lokal dan pembeli produk lokal dengan beberapa pembaruan fitur di laman Shopee Pilih Lokal yang pertama kali diluncurkan pada April 2021 lalu.
Selain memudahkan pencarian produk lokal berkualitas, Shopee Pilih Lokal juga membantu para pengusaha lokal untuk mendapatkan akses pada pelatihan, pendampingan dan juga ekspor agar dapat naik kelas.
Shopee kini menempatkan fitur Shopee Pilih Lokal di laman depan aplikasi Shopee. Ikon ini dibuat cukup mencolok dengan logo baru berbentuk gunungan wayang berwarna biru dengan aksen merah putih di tengah. Tentunya, hal ini membantu para pengunjung di e-commerce oranye ini dapat mengakses laman Shopee Pilih Lokal dengan lebih mudah.
Fitur baru Shopee Pilih Lokal, menghadirkan ragam produk lokal berkualitas yang telah lolos kurasi Shopee (Dok: Foto Istimewa).
Begitu masuk ke laman utama Shopee Pilih Lokal, pengunjung dapat melihat fitur bilah pencarian (search bar) di bagian paling atas. Fitur bilah pencarian ini, memungkinkan calon pembeli untuk mencari berbagai produk lokal yang hanya ada di laman Shopee Pilih Lokal. Contohnya ketika mengetik kata ‘baju’ atau ‘kosmetik’, maka fitur pencarian ini akan memberikan Anda sejumlah produk lokal yang paling relevan untuk pengalaman belanja lebih mudah.
Selanjutnya, di bawah fitur pencarian ada beberapa fitur lainnya yang bisa Anda coba. Mulai dari promo brand lokal, koleksi pilihan, hingga produk rekomendasi dengan penawaran menarik untuk pembeli. Pada pembaruan Shopee Pilih Lokal kali ini, ada tiga fitur baru yang ditambahkan yaitu Koleksi Produk Kampus UMKM, Produk Lokal Go Global, dan Koleksi UMKM Binaan.
Fitur Koleksi Produk Kampus UMKM akan menampilkan produk UMKM terbaik hasil bimbingan Kampus UMKM Shopee yang telah dikurasi. Kampus UMKM Shopee sendiri merupakan salah satu program andalan Shopee yang merupakan fasilitas fisik yang menawarkan pelatihan dan pendampingan secara gratis, bertujuan untuk membina dan mengembangkan para pengusaha lokal. Selain memberikan pengetahuan tentang bagaimana berjualan online dengan efektif, program ini juga mengarahkan seller untuk meningkatkan kualitas produknya.
Berlanjut ke fitur berikutnya, Produk Lokal Go Global, menghadirkan produk-produk dari UMKM lokal yang telah mengikuti Program Ekspor Shopee. Ragam produk lokal yang ditampilkan oleh fitur Produk Lokal Go Global ini, merupakan produk yang sudah diekspor ke berbagai negara. Jadi, buat pengunjung yang ingin mencari ragam produk keren berkualitas yang sudah go global, atau para penjual yang ingin bergabung di Program Ekspor Shopee, bisa langsung cek laman ini.
Sedangkan fitur Koleksi UMKM Binaan menjadi ruang bagi para pengusaha lokal yang telah mengikuti program Bimbel Shopee. Para pengunjung maupun calon pembeli, disuguhkan dengan kurasi produk terbaik karya UMKM lokal yang telah mengikuti Program Bimbel Shopee dan Sobat UKM. Laman ini juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mengikuti pelatihan secara daring.
Selain pembaruan fitur, Shopee juga menghadirkan Hari Belanja Produk Lokal pada 17 Agustus dan setiap tanggal 17 di bulan-bulan lainnya. Melalui kampanye dan fitur Hari Belanja Produk Lokal, diharapkan produk-produk dari para pengusaha lokal akan semakin laris dibeli oleh para pengunjung Shopee.
Para pengunjung tidak perlu khawatir, karena produk lokal yang ada di laman Shopee Pilih Lokal, merupakan produk terbaik hasil kurasi Shopee. Jadi, buka Shopee Pilih Lokal, masukkan produk lokal favorit anda ke keranjang dan check out segera!
Shopee Pilih Lokal dapat diakses melalui shopee.co.id/m/shopee-pilih-lokal. (*)
Fitur dan Kemudahan Baru untuk UMKM di Shopee Pilih Lokal - Bisnis Tempo.co
Kelanjutan artikel disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar