Rechercher dans ce blog

Sabtu, 18 November 2023

Timnas Anies Pamer JIS 100 Persen Dibangun Tenaga Kerja Lokal - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Tim Pemenangan Nasional atau Timnas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa stasion sepak bola Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara dibangun oleh tenaga kerja lokal.

Co-captain Timnas Anies-Muhaimin, Leontinus Alpha Edison, mengatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dia usung akan membangun 11 stadion mirip JIS di kota-kota lainnya. Hal ini sudah sering diungkapkan Anies Baswedan beberapa kali.

"Kita tahu JIS itu amazing (luar biasa), pembangunannya terutama. Engineer-engineer seperti tenaga kerja yang membangun JIS itu 100 persen lokal," kata dia dalam Diskusi Safari 2024 x Talent Fest di Jakarta Selatan, Sabtu, 18 November 2023. 

Di sisi lain, dia menyebut ada kekhawatiran publik terhadap tenaga kerja asing atau TKA yang masuk ke Indonesia. Menurut dia, ini terlihat di berita-berita yang beredar di media.

"Jadi memang perlu kita audit, apakah benar-benar hanya untuk menutupi skill gap (kesenjangan keterampilan)?" ucap Leon, sapaan akrabnya.

Selain itu, audit ini juga perlu untuk membuktikan rumor yang beredar bahwa TKA yang masuk adalah pekerja kasar. "Nah, kami akan audit sama-sama supaya ke depannya kita membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar," tutur Leon.

Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari dokumen Visi, Misi & Program Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan ini menyatakan gagasannya soal tenaga kerja, salah satunya soal TKA.

"Penegakan peraturan ketenagakerjaan untuk menata peran tenaga kerja asing, termasuk dengan memberantas TKA ilegal," begitu bunyi salah satu poin di dalam dokumen tersebut.

Selain itu, Anies dan Muhaimin juga akan mendorong dunia usaha merekrut dan menstimulasi lebih banyak tenaga kerja lokal. Ini termasuk dengan pembatasan dan disinsentif penggunaan TKA yang berlebihan.

"Memastikan setiap proyek pemerintah melibatkan tenaga kerja lokal dengan pendekatan padat karya untuk program tertentu," bunyi dokumen visi misi itu.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Adblock test (Why?)


Timnas Anies Pamer JIS 100 Persen Dibangun Tenaga Kerja Lokal - Nasional Tempo
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...