Rechercher dans ce blog

Rabu, 29 November 2023

Ini Kata 3 Menteri Soal Merger TikTok Shop dengan E-Commerce Lokal - BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Indonesia pada dasarnya mengizinkan TikTok Shop beroperasi kembali melalui kolaborasi dengan platform e-commerce lokal seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia tidak keberatan dengan kehadiran e-commerce global selama tidak mengganggu perekonomian lokal.

Jerry Sambuaga mengumumkan bahwa TikTok Shop diperbolehkan untuk berkolaborasi dengan platform e-commerce manapun, asalkan mematuhi peraturan dan prosedur yang berlaku di Indonesia.

Pernyataan ini datang setelah TikTok Shop sebelumnya ditutup karena tidak mematuhi ketentuan dan dianggap melakukan transaksi sebagaimana e-commerce.

ADVERTISEMENT


"TikTok sekarang sedang berusaha memenuhi compliance (kepatuhan) dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Kalau mereka sudah memenuhi, ya silakan saja selama dia menjalankan fungsinya dengan betul dan mematuhi peraturan-peraturan sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023," kata Jerry.


Ia menekankan bahwa TikTok tidak boleh melanggar peraturan yang menyatakan bahwa tidak boleh ada penyatuan fungsi antara media sosial dan e-commerce untuk menciptakan kompetisi yang adil.

Rencana kolaborasi atau penggabungan dengan platform e-commerce lain akan dibahas lebih lanjut secara teknis.

Menkop UKM Teten Masduki menyatakan bahwa TikTok Shop telah menghubungi tiga perusahaan di Indonesia, yaitu PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Bukalapak, dan perusahaan di bawah CT Corp.

Teten mengatakan, TikTok Shop diperbolehkan merger dengan platform niaga elektronik atau e-commerce dalam negeri asalkan tidak melakukan praktik predatory pricing.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah mempersilakan layanan TikTok berkolaborasi secara bisnis dengan investor atau perusahaan dalam negeri.

"Silakan saja selama itu B to B (business to business) ya. Kita tak boleh intervensi," kata Bahlil di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Adblock test (Why?)


Ini Kata 3 Menteri Soal Merger TikTok Shop dengan E-Commerce Lokal - BeritaSatu.com
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...