Rechercher dans ce blog

Rabu, 18 Oktober 2023

Kemenkes: Kasus Cacar Monyet di Jakarta dari Transmisi Lokal - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan kasus cacar monyet atau monkeypox yang ditemukan di DKI Jakarta merupakan transmisi lokal.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan penderita tersebut tidak ada riwayat perjalanan keluar negeri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Betul ada satu kasus di Jakarta. Iya lokal. Masih dicek apakah ada dari kontak erat riwayat PPLN Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN)," kata Nadia saat dihubungi, Selasa (17/10).

Nadia menyampaikan saat ini pemerintah melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah melakukan penelusuran terhadap kurang lebih tujuh orang yang melakukan kontak erat.

"Kontak erat masih dilakukan tracing oleh Dinkes DKI, saat ini sudah ada enam sampai tujuh orang kontak erat yang di-tracing," ucapnya.

Menurutnya, penderita saat ini dirawat di rumah sakit karena mengalami demam dan lesi di kulit.

"Pasien dirawat kondisi baik tetapi memang ada demam dan lesi seperti keropeng, papula, vesikel lesi seperti cacar yang cukup banyak," ujarnya.

Kendati demikian, Nadia mengingatkan, kasus cacar monyet merupakan penanganan penyakit biasa.

"Penyakit monkeypox sudah bukan penyakit PHEIC dari WHO. Jadi sudah merupakan penanganan penyakit biasa," jelasnya.

Kemenkes sebelnya mengonfirmasi satu kasus cacar monyet ditemukan di DKI Jakarta. Dengan temuan itu, saat ini terdapat dua kasus cacar monyet di Indonesia.

Anggota Tim Kerja Direktorat Surveilans dan Kekarantinaan Kemenkes Chita Septiawati mengatakan temuan terbaru kasus tersebut dilaporkan pada 14 Oktober 2023.

"Belum lama ini, kemarin kita mendapat laporan kembali satu kasus, sehingga sampai pada hari ini kita mempunyai dua kasus konfirmasi yang kebetulan keduanya berada di Jakarta," kata Chita dalam diskusi Sosialisasi Kewaspadan Monkeyfox secara daring, Senin (16/10).

(lna/fra)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


Kemenkes: Kasus Cacar Monyet di Jakarta dari Transmisi Lokal - CNN Indonesia
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...