Rechercher dans ce blog

Senin, 14 Agustus 2023

Pedagang Lokal Teriak, Barang China Murah Menjamur di TikTok - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pedagang lokal teriak soal maraknya barang impor dari China yang dijual dengan harga murah di platform online seperti TikTok Shop.

Sementara, pengusaha lokal harus mengeluarkan banyak biaya produksi, yang akhirnya membuat harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan barang impor. Padahal kualitasnya dijamin lebih bagus produk Indonesia.

Co-Founder Jiniso Dian Fiona mengatakan produsen China gampang untuk meniru produk dari sini. Ia menjelaskan bisa jadi lokal brand yang bagus dan laris lalu mereka kirim sampelnya ke China. Kemudian ditiru produksinya dan dibawa ke Indonesia dengan harga jual murah di luar harga pasar.

"Saya yakin banget juga mereka belum sempurna di pembayaran pajaknya. Saya nggak bisa bilang dia belum bayar pajak itu bukan kapasitas saya, kalau saya sebagai pebisnis hitung-hitungan itu nggak masuk akal kalau dia belum dibebankan biaya-biaya itu," ujar Dian saat ditemui usai audiensi dengan Kemenkopukm, Senin (14/8/2023).

"Sayang banget kalau negara belum maju untuk regulasi ada pengawasan tentang pajak," imbuhnya.

Ia juga mempertanyakan apakah ketika barang impor itu distribusinya masuk ke TikTok dan segala e-commerce yang ada, barang tersebut dikenakan pajak atau tidak.

Jika benar dikenakan pajak artinya antara produsen lokal dan impor China adil. Dan dengan pajak-pajak tersebut ia barang impor China tidak lagi bisa banting harga.

"Cuma kita udah effort banget wajib pajak 100 persen, tapi kutu-kutu itu masuk, kita harus spend budget berapa lagi, apalagi itu algoritma," kata dia.

"Isunya sekarang di TikTok, Shopee sudah mulai sadar, kita juga sudah mulai diprioritaskan oleh Shopee, tapi kalau TikTok ya isu dari pemerintah masih di sana," ia menambahkan.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ini Sinyal Ambisi TikTok Jadi Raja Online Shop di RI


(fab/fab)

Adblock test (Why?)


Pedagang Lokal Teriak, Barang China Murah Menjamur di TikTok - CNBC Indonesia
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...