Rechercher dans ce blog

Senin, 14 Agustus 2023

Kampanye Pejuang Lokal dengan Semangat Kolaborasi, Bergaung Menyambut HUT ke-78 RI - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-78 RI, Blibli menggelar kampanye Pejuang Lokal yang menggaet brand lokal, yakni Buttonscarves, Eiger, Realfood, dan Acaii Tea. Semangat kolaborasi ini sejalan dengan nilai-nilai yang diusung Blibli, meliputi inovasi, kualitas dan orisinalitas produk.

Chief Marketing Officer Blibli Edward Kilian Suwignyo menyebut bahwa di Indonesia, UMKM memegang peranan penting pada pergerakan ekonomi secara nasional. Dampak positif dari digitalisasi produk lokal sekitar 77 persen kontribusi e-commerce terhadap ekonomi digital Indonesia dan 89 persen adopsi e-commerce oleh pengguna digital di kota besar.

"Produk lokal go digital melihat adanya peningkatan pendapatan, memperluas pasar secara nasional, dan menyerap tenaga kerja sekitar," kata Kiki saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 14 Agustus 2023.

Kiki menerangkan pihaknya berfokus kepada pelaku UMKM yang bertindak sebagai produsen. Pihaknya membantu para produsen yang punya kemampuan produksi yang sering menghadapi tantangan dari sisi penjualan dan operasional.

"Harapannya pengusaha lokal siap dari proses produksi dan penjualan," ungkapnya.

Blibli, dikatakan Kiki, turut mendukung para pejuang lokal dengan beragam hal, mulai dari gratis ongkos kirim, 100 persen produk asli, 24/7 customer care, gratis retur 15 hari, hingga Blibli Tiket Rewards. Kiki mengatakan bahwa pejuang lokal bisa berkembang tanpa memikirkan struktur harga hingga biaya.

Dukungan Blibli lainnya kepada produk lokal adalah fulfillment by Blibli, yang terdiri atas produksi atau pengadaan produk, antar produk ke gudang Blibli, Blibli menyimpan produk, Blibli mengemas dan merespons pesanan, Blibli mengurus pengantaran pesanan, hingga berperan sebagai customer service dan mengatasi retur. Pihaknya memiiki 16 gudang dan 33 hub di seantero Indonesia.

2 dari 4 halaman

Semangat Kolaborasi dengan Pejuang Lokal

Kiki juga menyebut bahwa peningkatan jumlah transaksi produk lokal naik 80 persen perbandingan H1 2023 dan H1 2022. Pembeli didominasi perempuan sebesar 54 persen dan laki-laki 46 persen dengan rentang usia 31--40 tahun.

Setidaknya ada tiga kategori favorit dari pembeli, yakni Bliblimart, fesyen, dan kesehatan serta kecantikan. Sementara, kampanye Pejuang Lokal dari Blibli ini berlangsung dari 14--18 Agustus 2023 dengan Buttonscarves, Eiger, Realfood, dan Acaii Tea lewat serangkaian promo belanja spesial untuk produk-produk Pejuang Lokal, mulai dari cashback up to Rp170 ribu hingga flash sale serba Rp17 ribu.

Kiki menjelaskan kolaborasi khusus bawa brand kolaborasi punya dua tujuan ingin menunjukkan inspirasi pengusaha lokal bisa membawa brandnya ke tingkat lebih tinggi. "Jangan goalnya sekadar ada, tapi harus mimpi bisa tinggi brand lokal," katanya.

"Kedua, untuk masyarakat Indonesia, suka enggak suka, kebiasaan bilang produk lokal, 'kualitasnya bagus atau enggak?'. Padahal, kalau kita lihat kualitasnya sudah bukan asal, tapi mampu bersaing di kancah global dan memenuhi standar tersebut," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Cerita Para Pejuang Lokal

CEO Buttonscarves Linda Anggrea menjelaskan bahwa jenama yang ia bangun adalah brand fesyen yang bermula dari platform online pada 2016. Buttonscarves awal berdiri dengan produk single, yakni scarf yang kini sudah punya multi kategori, mulai dari scarf, aksesori, hingga apparel.

"2018 masuk offline, ada di 40 toko di Indonesia dan lima toko di Malaysia. Aktivasi eksistensi di New York Fashion Week, dan di kota-kota lain, seperti London dan Malaysia," terang Linda.

Ia menambahkan, "Awalnya di online terbantu banget dengan Blibli trust jadi terbangun. Produk sudah pasti orisinal, Buttonscarves jadi brand yang trusted. Sejak kolaborasi, sering keluarin koleksi eksklusif yang hanya ada di Blibli. Perjalanan Buttonscarves dengan Blibli sudah mulus dan di-support selalu."

General Manager Eiger Jason Edward menyebut bahwa brand ini sudah mempertahankan eksistensinya selama 34 tahun. "Kita berdiri 1989 dan kita tetap memegang orisinalitas dan values, karena itu yang bikin kita everlasting, komunitas melekat pada kita," kata Jason.

Ia menjelaskan pihaknya kala pandemi Covid-19 melanda dapat bertahan karena kekuatan komunitas yang setia. "Dari value ke community," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Minuman Kesehatan dan Kecantikan

Berdasarkan Asia Pacific Health Priority Survey 2023 terhadap 5.504 konsumen berusia 18 hingga 78 tahun di 11 negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia, hasil survei mencatat hampir 92 persen responden Indonesia menjadi lebih peduli dengan kesehatan. Sebanyak 86 persen responden Indonesia bahkan bersedia menambah pengeluaran untuk kesehatan dan kebugaran, termasuk untuk konsumsi makanan yang lebih sehat dan membeli suplemen diet.

Sejalan dengan ini, minuman kesehatan juga banyak digandrungi masyarakat. Direktur Utama Realfood Edwin Pranata menyebut pihaknya bergabung Blibli pada 2020 dan banyak masyarakat yang beralih ke produknya.

"Kita selalu berprinsip membangun brand yang bernilai. Banyak kolaborasi dengan brand lain dan sejak pandemi adaptasi produk kesehatan dan kecantikan sudah menjadi lifestyle sehari-hari," katanya.

Owner Acaii Tea Jessica Irene menyebut dari awal kehadiran brand yang dibangunnya, ia merasa ada dua aset yang tidak tergantikan, yakni waktu dan kesehatan. "Kita punya badan satu yang menemani sampai akhir hayat. Dengan adanya pandemi, penting menjaga kesehatan dan melihat kesempatan membawa resep-resep tradisional Indonesia yang dikemas modern," terang Jessica.

Adblock test (Why?)


Kampanye Pejuang Lokal dengan Semangat Kolaborasi, Bergaung Menyambut HUT ke-78 RI - Liputan6.com
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...