Rechercher dans ce blog

Sabtu, 22 Juli 2023

Dasawisma Kelurahan Umanem Gelar Pelatihan Pangan Lokal Libatkan Anak Muda di Atambua Belu - Tribun Flores

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Agustinus Tanggur

TRIBUNFLORES.COM, ATAMBUA - Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu menggelar pelatihan Dasawisma untuk pengelolaan bahan pangan lokal menjadi makanan yang bergizi dan seimbang.

Ini dilakukan dalam rangka mendukung dan meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (20-21 Juli 2023) melibatkan 30 peserta (tiga kelompok,red) Dasawisma di Kelurahan Umanen dimana dua kelompok terdiri dari kelompok Ibu-ibu dan satu kelompok terdiri dari anak muda.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan narasumber dari tim PKK Belu dan juga pegiat ekonomi kreatif yang sudah memiliki lisensi atau sertifikat pelatihan, berlangsung di Kantor lurah Umanen, Kecamatan Atambua Barat. Jumat, 21 Juli 2023.

Baca juga: Oenlasi Jadi Desa Binaan Moderasi Beragama di NTT

Lurah Umanen, Yovita Reliana Bete, kepada POS-KUPANG.COM menyampaikan bahwa pengolahan pangan lokal bertujuan untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu sehingga dapat membantu perekonomian keluarga.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga untuk memanfaatkan potensi lokal yang ada di Kelurahan Umanen dan juga untuk mendukung program Pemerintah dalam upaya pencegahan Stunting, dimana Kelurahan Umanen juga salah penyumbang stunting dengan jumlah 89 anak stunting.

"Hari ini kita membuat sebagai contoh untuk mereka tau bahan-bahan pangan apa yang dibutuhkan, sehingga kedepannya bisa dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan," ujarnya.

Reli berharap agar dengan dilakukannya pelatihan ini peserta bisa mengetahui dan mengelola makan lokal dengan baik. Selain itu juga bisa membantu masyarakat dan juga keluarga sendiri dalam meningkatkan ekonomi dan juga upaya pencegahan stunting.

Pada kesempatan tersebut, pegiat Industri Kecil Menengah (IKM) Briman, Maria Gaudentia Makoroman, menyampaikan bahwa menu yang dilatih ialah menu-menu yang didapat disekitar seperti Kelor, Ubi dan Jagung.

Baca juga: Oenlasi Jadi Desa Binaan Moderasi Beragama di NTT

"Ada enam menu yang kita latih hari ini, semuanya berada disekitar kita. Dimana enam menu tersebut yakni Abon Ikan Tuna, Baruas Kelor, Ahuk Ubi Ungu, Biji Salak Ubi Ungu, Sub Sering Kelor dan Vilu Jagung," ungkapnya.

Ia berharap agar para peserta yang sudah dilatih bisa melanjutkan di kelompok masyarakat yang ada di sekitar. Selain itu juga ia berharap agar kedepan kegiatan tersebut bisa dilanjutkan dan ditingkatkan lagi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga pencegahan anak stunting.

Sementara salah satu peserta Virginia Virani Seran, menyampaikan terima kasih pihak Kelurahan Umanen yang sudah memberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan pengelolaan pangan lokal.

"Kita sebagai anak muda juga harus berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Selain itu anak muda juga bisa mengenal pangan lokal yang ada disekitar untuk bisa menjadi makanan yang bergizi dan seimbang," pungkasnya. (Cr23)

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

Adblock test (Why?)


Dasawisma Kelurahan Umanem Gelar Pelatihan Pangan Lokal Libatkan Anak Muda di Atambua Belu - Tribun Flores
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...