Rechercher dans ce blog

Selasa, 27 Juni 2023

Keren! Ini Wanita Thailand Pertama Pembuat Keju Artisan Lokal - detikFood

Jakarta -

Wanita ini berasal dari pedalaman desa di Thailand. Ia merupakan pembuat keju pertama secara otodidak yang sukses.

Keju merupakan hasil olahan susu yang sebagian besar diproduksi di negara Eropa. Keju-keju ternama berasal dari Italia, Swiss hingga Prancis. Jarang sekali keju diproduksi di negara tropis, karena cuacanya yang cenderung panas dan lembab.

Tapi bagi Rachanikorn Kai Srikong, membuat keju dengan cara tradisional merupakan tantangan tersendiri untuknya.

Dilansir dari Bangkok Post (27/06), wanita yang akrab disapa Kai ini merupakan wanita pertama yang membuat keju di Thailand. Kai tumbuh di desa pedalaman, dan asing dengan olahan susu seperti keju.

Dari sana dia mulai belajar cara membuat keju yang enak dari awal. Kai mulai menekuni pembuatan keju ini sejak tujuh tahun yang lalu, dan sempat kesulitan menentukan apakah keju buatannya layak untuk dikonsumsi dan dijual.

Keren! Ini Wanita Thailand Pertama Pembuat Keju Artisan LokalKeren! Ini Wanita Thailand Pertama Pembuat Keju Artisan Lokal Foto: AFP

Hal tersebut karena sang ibu tak tak pernah memberikannya keju saat kecil.Ibunya selalu memberi makan tahu dan nasi. Keju merupakan makanan asing bagi Kai.

Wanita berusia 47 tahun ini belajar membuat keju secara otodidak melalui buku.

"Saya baca terus buku cara membuat keju, sampai saya bisa mencium aroma keju," sambungnya.

Ia sempat gagal berkali-kali saat membuat keju. Sampai akhirnya menemukan racikan yang pas, yaitu menggunakan susu dari 30 kambing yang dia miliki.Kemudian susu tersebut, ia olah menjadi 15 jenis keju berbeda.

Uniknya lagi keju ini ia beri sentuhan tradisional, seperti dibaluri dengan bubuk bambu hingga dilapisi daun pandan.

"Saya terbiasa menyantap pla dak, sejenis bumbu ikan fermentasi. Dari sini saya memahami bahwa makanan fermentasi itu memiliki rasa umami asam amino seperti keju. Rasa umami ini yang membuat orang-orang senang," tutur Kai.

Kai juga mengakui membuat dan mengolah keju di suhu tropis dan panas di Thailand tidaklah mudah.

"Jika saya menggunakan budaya pembuatan keju dari Eropa atau Prancis, bakteri yang ada ini akan rusak karena suhu Thailand yang panas. Jadi saya pakai cara sendiri," pungkasnya.

Keren! Ini Wanita Thailand Pertama Pembuat Keju Artisan LokalKeren! Ini Wanita Thailand Pertama Pembuat Keju Artisan Lokal Foto: AFP

Kini keju yang diproduksi Kai dicari banyak restoran mewah dan bergengsi di Thailand. Bahkan sudah ada 10 restoran mewah di Bangkok yang menggunakan keju miliknya. Termasuk restoran yang memiliki gelar Michelin Stars. Keju produksinya tergolong keju artisan yang dibuat manual dan unik dalam jumlah terbatas.

"Hal terbaik dalam membuat keju adalah membuat orang tersenyum. Keju membuat semuanya jadi lebih baik," tutup Kai.

Simak Video "Ekspresi Antusias Raja Charles saat Jajal Bikin Keju di Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Adblock test (Why?)


Keren! Ini Wanita Thailand Pertama Pembuat Keju Artisan Lokal - detikFood
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...