Rechercher dans ce blog

Minggu, 21 Mei 2023

Tampilkan Kearifan Lokal dalam Kirab Budaya - RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Ratusan siswa menampilkan kearifan lokal dalam kirab budaya sekolah. Hal itu sebagai pelestarian dan nguri-uri budaya lokal.

Pawai kirab budaya diikuti 22 kelompok dari kelas 10-11 SMA N 2 Kendal. Masing-masing kelompok menampilkan budaya lokal. Mulai kesenian singo barong, jaran kepang, gunungan makanan dan hasil bumi, serta adat tradisi lokal.

Selain itu, para siswa juga berlomba menampilkan sajian yang terbaik. Selain pawai keliling kampung, tiap kelompok juga tampil di depan dewan juri untuk mendapatkan penilaian.

Kepala SMA Negeri 2 Kendal Siswanto mengatakan, Pawai Gelar Budaya menampilkan berbagai kearifan lokal khas Kendal. Dalam rangka mengenalkan budaya lokal kepada siswa. Serta membentuk karakter agar siswa tidak lupa dengan tradisinya di Kendal. “Ini bagian dari projek penguatan profil Pelajar Pancasila, yang mengangkat kearifan lokal,” katanya.

Pegiat budaya Kendal Romo Sindu Wongso, mengatakan, kirab budaya sangat bagus untuk membentuk karakter siswa. Karena ada kegiatan melestarikan adat tradisional atau kearifan lokal. “Ini baru kali pertama saya melihat sekolah di Kendal yang menggelar berbagai kearifan lokal,” ujarnya.

Ia berharap, kirab budaya menjadi pendongkrak atau motivasi bagi anak-anak muda. Utamanya untuk melestarikan seni budaya dan tradisi di Kendal. Terlebih, saat ini seni budaya dan adat-istiadat lokal sudah mulai ditinggalkan. (dev/fth)

Reporter:

Devi Khofifatur Rizqi

Adblock test (Why?)


Tampilkan Kearifan Lokal dalam Kirab Budaya - RADAR SEMARANG
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...