Rechercher dans ce blog

Jumat, 24 Maret 2023

Ratusan Warga Ikuti Lomba Makan Buah Lokal di Taman Buah Singaraja - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Ratusan masyarakat serta sejumlah pejabat Pemkab Buleleng mengikuti lomba makan buah lokal di Taman Kota Singaraja, Jumat, 24 Maret 2023.

Lomba dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Buleleng, serangkaian HUT Kota Singaraja ke-419.

Peserta yang mampu menghabiskan banyak buah menjadi pemenang.

Kepala Dinas Pertanian Buleleng, Made Sumiarta mengatakan dalam lomba tersebut pihaknya menyiapkan 100 kilogram buah lokal seperti pisang, rambutan, salak dan anggur.

Masing-masing peserta diberikan waktu selama lima menit untuk menghabiskan empat jenis buah sebanyak-banyaknya.

"Dari lomba tersebut, paling banyak hanya mampu menghabiskan satu kilogram buah. Pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa kompor gas, kipas angin dan paket sembako," ucapnya.

Lomba makan buah lokal ini dilaksanakan kata Sumiarta sebagai bentuk memperkenalkan kepada masyarakat terkait keunggulan buah yang ada di Buleleng, baik untuk sarana upakara hingga konsumsi sehari-hari.

Pihaknya juga menargetkan buah lokal ini dapat disajikan di hotel-hotel, mengingat Gubernur Bali telah mengeluarkan Pergub Nomor 99 Tahun 2018 Tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Diakui Sumiarta, serapan buah lokal di hotel yang ada di Buleleng belum optimal. Hal ini terjadi lantaran produksi buah masih musiman.

Baca juga: Jumat Curhat di Tampaksiring, Polisi Diminta Selidiki Penyebar Hoax Tirta Empul Tutup

Untuk pihaknya juga akan menggencarkan promosi buah lokal melalui festival-festival.

"Sudah ada beberapa hotel yang menyerap buah lokal, namun belum optimal karena buahnya musiman. Jadi sementara buah lokal di Buleleng diserap oleh orang-orang lokal untuk konsumsi sendiri," terangnya.

Selain menggelar lomba makan buah lokal, dalam memperingati HUT Kota Singaraja, Pemkab Buleleng juga akan menggelar gemar makan ikan pada Kamis, 30 Maret 2023 mendatang.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan telah menyiapkan satu ton ikan untuk kegiatan tersebut.

Gemar makan ikan ini dilaksanakan mengingat sektor perikanan menjadi salah satu potensi perekonomian di Buleleng, sebab memiliki garis pantai terpanjang di Bali. (*)

Adblock test (Why?)


Ratusan Warga Ikuti Lomba Makan Buah Lokal di Taman Buah Singaraja - Tribun Bali
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...