Rechercher dans ce blog

Kamis, 02 Maret 2023

Penyewaan Motor Milik Turis Asing Pasang Harga Miring, Rental Lokal Resah - detikBali

Badung -

Warga Bali yang memiliki rental motor resah karena munculnya penyewaan motor yang diduga milik turis asing. Rental milik warga negara asing (WNA) itu dianggap merusak pasar karena memasang harga lebih murah hingga 40 persen dari tarif sewa motor di rental lokal.

Penasihat Perhimpunan Rental Motor (PRM) Bali I Made Wira Atmaja menerangkan rental motor milik turis asing di Pulau Dewata benar adanya. Anggota PRM menemukan dugaan pelanggaran itu sejak 2021.

"Laporan kawan-kawan kami dan penelusuran kami memang mereka (rental motor milik turis asing) bergerak di media sosial, khususnya Telegram. Mereka berkomunikasi dan tawar-menawar ke sesama komunitas warga asing di Bali lewat grup Telegram itu," ungkap Wira Atmaja, Kamis (2/3/2023).

Wira Atmaja menceritakan seorang turis asing yang liburan di Canggu, Badung, pernah mengembalikan motor yang disewa dari rental milik warga Bali. Sebab, pelancong itu menemukan rental motor milik turis asing yang tarif sewanya jauh lebih murah.

Wira Atmaja makin geram lantaran rental motor itu memasang harga miring dengan selisih harga sampai 2 juta dari tarif sewa motor rental lokal. Misalkan, tarif sewa motor N-MAX di rental lokal untuk pelancong asing adalah Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta per bulan. Rental motor milik turis asing bisa menawarkan harga sewa lebih murah hingga Rp 2 juta dari tarif rental lokal.

"Mereka mematikan pergerakan usaha warga lokal," keluh Wira Atmaja.

Maraknya turis asing yang bekerja di Bali tengah menjadi sorotan. Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bali menilai turis asing yang bekerja ilegal merupakan bentuk penjajahan era modern.

Ketua DPD Konfederasi SPSI Bali I Wayan Madra mengatakan WNA pekerja ilegal akan jadi bumerang bagi warga lokal. "Ini kan penjajahan yang berperang dengan tidak menggunakan senjata namanya," tutur Madra, Selasa (28/2/2023).

Simak Video "Sandiaga Uno Bakal Berikan Pelatihan Bahasa Inggris Usai Insiden di Desa Sade"
[Gambas:Video 20detik]
(gsp/hsa)

Adblock test (Why?)


Penyewaan Motor Milik Turis Asing Pasang Harga Miring, Rental Lokal Resah - detikBali
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...