Rechercher dans ce blog

Sabtu, 18 Februari 2023

Cerita Media Lokal Jepang: Bisnis Koran Bertahan karena Minat Baca Warga Tinggi - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Nagano - Ruangan lantai enam di kantor media surat kabar lokal Jepang, Shinano Mainichi Shimbun, penuh lalu-lalang orang pada Jumat sore, 17 Februari 2023. Beberapa di antaranya memegang kertas ukuran HVS berisi artikel dan foto.

Minim suara, orang-orang dengan pakaian rapi—beberapa berdasi dan mengenakan setelan jas—hilir mudik dari satu kubikel ke kubikel lain. Mereka menyerahkan kertas-kertas HVS itu kepada dua orang yang duduk di ujung ruangan.

Kedua orang yang tampak berusia lebih tua ketimbang orang-orang lain di dalam ruangan itu menerima kertas, membacanya sebentar, lalu mencorat-coret tulisan berhuruf kanji dengan tinta berwarna. Di sisi lainnya, di tengah ruangan, terlihat sekelompok orang berkumpul.

Orang-orang di tengah ruangan itu sedang berdiskusi dengan suara lirih. Berdiri membentuk lingkaran, mereka adalah editor Shinano Mainichi Shimbun. Para editor sedang membahas rencana liputan koran untuk esok hari.

Suasana kantor berita Jumat sore kala itu hidup. Shinano Mainichi Shimbun adalah kabar lokal Jepang yang masih mempertahankan penerbitan koran versi cetaknya kendati bisnis media digital di negara tersebut berkembang pesat. Wakil Pemimpin Redaksi Shinano Mainichi Shimbun, Norio Kikuchi, mengatakan oplah koran di tempatnya bekerja lebih dari 140 ribu eksemplar per hari.

Menurut Norio, bisnis koran versi cetak bertahan tak terlepas dari minat baca warga Jepang yang tinggi. Warga Jepang masih gemar membaca koran setiap pagi atau sore.

“Kebiasaan orang Jepang sejak dulu memang sudah terbiasa membaca koran cetak yang diantarkan setiap hari ke rumahnya,” ujar Norio saat ditemui di kantornya, Nagano, Jepang, Jumat, 17 Februari 2023.

Shinano Mainichi Shimbun adalah koran berbahasa Jepang yang berdiri sejak 150 tahun lalu. Berbasis di Perfektur Nagano, koran ini pertama kali terbit pada Juli 1873. Norio menerangkan, Koran Shinano saat ini terbit dua kali sehari, yakni pagi dan sore.

Untuk cetakan pagi, oplah Shinano mencapai 140 ribu eksemplar. Sedangkan oplah koran sore jumlahnya lebih kecil, yakni 25 ribu eksemplar. Shinano tercatat sebagai koran dengan oplah terbesar keempat di Jepang.

Selanjutnya: Mayoritas pembaca Koran Shinano adalah ...

Adblock test (Why?)


Cerita Media Lokal Jepang: Bisnis Koran Bertahan karena Minat Baca Warga Tinggi - Bisnis Tempo.co
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...