Rechercher dans ce blog

Kamis, 19 Januari 2023

Prumben Mbelah Duren Angkat Potensi Lokal - Kedaulatan Rakyat

untitled

Krjogja.com - PURWOREJO - Pemerintah Desa (Pemdes) Prumben Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo menggelar "Prumben Mbelah Duren", di Kantor Desa Prumben, Rabu (18/1) siang. Ratusan warga ikut dalam kegiatan yang berisi lomba durian terenak dan lomba makan durian itu.

Kepala Desa Prumben Samrodin mengatakan, kegiatan 'Prumben Mbelah Duren' merupakan cara pemerintah desa (pemdes) dalam mengangkat potensi lokal. "Prumben dikenal sebagai salah satu desa penghasil durian di Kabupaten Purworejo, setiap musim buah tiba, ada banyak pedagang datang ke desa untuk kulakan durian," tuturnya kepada Krjogja.com, usai kegiatan.

Pada saat musim panen, katanya, petani di Desa Prumben mampu memanen hingga 3.000 - 4.000 durian setiap hari. Durian yang dihasilkan itu dipasarkan ke seluruh wilayah Purworejo, bahkan hingga keluar daerah. Harga durian di Prumben, katanya, juga cukup terjangkau yakni antara Rp 20.000 - Rp 60.000 perbutir sesuai ukuran dan kualitas.

BACA JUGA :

Sambil Menunggu Rehab, Siswa Mengungsi Dulu

Tolak Revisi PP 109/2012, Ini Alasan Pelaku dan Pemerhati Industri Tembakau


Menurutnya, tingginya potensi durian di Desa Prumben membuat pemdes bersama warga menginisiasi digelarnya event. Samrodin berharap, event yang baru pertama kali digelardi desanya itu bisa menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Purworejo.

Lomba durian terenak diikuti oleh 50 petani dan lomba makan durian diikuti sekitar 50 warga. Mereka melombakan varietas durian lokal dan jenis lokal unggul seperti Petruk, Kunir, Kroyo, dan Bagong. "Rencananya akan digelar setiap tahun sekali saat panen raya," paparnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho mengemukakan, potensi durian lokal di Desa Prumben bisa diangkat untuk mendatangkan kunjungan. "Potensi durian di Prumben luar biasa, secara kualitas bagus dan hasilnya juga melimpah," ucapnya.

Menurutnya, potensi tersebut harus dikemas dengan lebih apik dan meriah, kemudian dipromosikan untuk mendatangkan pengunjung. "Saya berharap "Prumben Mbelah Duren" jadi agenda rutin desa, yang diselenggarakan lebih meriah lagi. Desa bisa berkolaborasi dengan para pemangku kebijakan hingga masyarakat pecinta durian dari berbagai daerah," tandasnya.(Jas)

Adblock test (Why?)


Prumben Mbelah Duren Angkat Potensi Lokal - Kedaulatan Rakyat
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...