Rechercher dans ce blog

Jumat, 14 Oktober 2022

Merek Fashion Lokal Makin Eksis di Pagelaran Busana Dunia - Investor.ID

JAKARTA, Investor.id – Sejumlah merek fashion lokal menjadi sorotan, setelah menjadi peserta perhelatan fashion week kelas dunia yang digelar di New York, Paris dan London. Ini menunjukkan produk fashion lokal di makin eksis di pagelaran busana kelas dunia.

Selain itu, merek lokal yang semakin eksis di fashion week pun kian beragam, mulai dari pakaian, kecantikan, hingga aksesoris lainnya. Seirig dengan itu, Tokopedia memberikan dukungan kepada merek lokal yang aktif di kancah global. Produk yang diperkenalkan oleh merek-merek itu akan dijual secara eksklusif di platform Tokopedia. 

“Tokopedia terus berkomitmen untuk membantu pegiat usaha di Indonesia memulai dan membangun bisnis lewat kanal digital agar bisa terus maju dan berkembang bahkan setara dengan brand kelas dunia. Melalui seluruh ajang ini, Tokopedia berharap bisa terus mendukung para pegiat usaha lokal untuk menciptakan peluang, sekaligus memajukan ekonomi kreatif bangsa.” ujar Rizky Juanita Azuz, external communications senior lead Tokopedia, belum lama ini.

Jewel Rocks, menjadi salah satu merek yang sempat terpilih untuk memamerkan dan menjual koleksi mereka di salah satu pagelaran pekan mode terbesar di dunia, Paris Fashion Week 2022. Tahun ini, di Paris Fashion Week 2023, Jewel Rocks kembali hadir menjadi salah satu dari lima brand lokal yang mendapatkan undangan dari L'Adresse Paris Agency.

Selain itu, ternyata masih banyak lagi brand lokal yang turut meramaikan acara fashion week, antara lain, Heaven Lights yang mengikuti acara New York Fashion Week 2023, Erigo yang menghadiri New York Fashion Week 2023 serta Wearing Klamby yang menghadiri London Fashion Week 2023.

Sama halnya dengan Jewel Rocks, By Lizzie Parra atau yang lebih populer kita kenal dengan BLP Beauty yang merupakan brand kecantikan asal Indonesia pun turut menghadiri Paris Fashion Week 2023.

“Ketika mendapat kabar dari Tokopedia mengenai kesempatan ini tentunya kami merasa bangga dan excited. Melalui acara ini, kami berharap bisa memperkenalkan produk BLP yang berkualitas tinggi ke pasar internasional dan industri kosmetik Indonesia bisa berkembang bukan hanya di dalam negeri tapi juga di negara lain. Kalau Korea Selatan bisa punya K-Beauty, Indo-Beauty juga punya potensi untuk bisa mendunia,“ kata Monica Christasia, CEO BLP.

Pada pameran yang berlangsung mulai dari 30 September hingga 3 Oktober 2022 ini, BLP juga menjadi perwakilan beauty brand lokal pertama dari Indonesia yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse Paris Agency untuk menampilkan koleksinya bersama dengan brand lain dari kawasan Asia Tenggara.

Berangkatnya merek-merek ini tentunya juga diharapkan dapat memperkenalkan produk lokal buatan Indonesia, mulai dari produk kecantikan hingga fesyen, ke pasar internasional, sehingga produk buatan Indonesia diharapkan dapat dikenal  berkembang di pasar global.

Melihat fenomena tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan, industri tekstil dan produk tekstil (TPT) kini semakin membaik, ditunjukkan kenaikan utilisasi di hulu hingga hilir. Saat ini, utilisasi subsektor tekstil mencapai 62,54%, sedangkan garmen 79,09%.

“Di tengah pandemi Covid-19 sekalipun sektor pakaian jadi dapat pulih dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan sektor TPT lainnya. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan minat terhadap fesyen di berbagai negara di dunia. Hal ini jadi peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan Indonesia,” jelas Jemmy, belum lama ini.

Jemmy menambahkan, hal ini menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan Indonesia. Meski demikian, potensi industri di  Indonesia masih perlu dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari pihak swasta.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Kriya, Desain, dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Yuke Sri Rahayu menyampaikan, ekonomi kreatif di Indonesia berpotensi menyumbang hingga 20% terhadap ekonomi kreatif global. Subsektor fashion, kuliner dan kriya akan menjadi penyumbang terbesar.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Berita Terkait

Adblock test (Why?)


Merek Fashion Lokal Makin Eksis di Pagelaran Busana Dunia - Investor.ID
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...