Rechercher dans ce blog

Jumat, 24 Juni 2022

Jakarta Hajatan, Tokopedia Ajak Masyarakat Dukung UMKM Lokal - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam rangka menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta, Tokopedia mencatat beberapa kategori paling laris sepanjang kuartal II 2022 di ibu kota, yaitu Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Otomotif.

Di sisi lain, Baju Pangsi, Blangkon Betawi dan Sabuk Adat Betawi menjadi beberapa produk khas Betawi paling dicari.

Tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia -yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial- untuk mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. Kampanye Bangga Buatan Indonesia adalah salah satu wujudnya.


Demi mendukung UMKM lokal di Jakarta, Tokopedia berkolaborasi dengan Dekranasda DKI Jakarta untuk menghadirkan toko JakArtisan, sebuah wadah dan sarana bagi UMKM lokal binaan Dekranasda untuk memperluas pemasaran produk kerajinan lokal.

"Tokopedia juga terus menyediakan panggung bagi UMKM DKI Jakarta. Misal lewat peluncuran toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta, pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play," kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni dalam keterangannya, Kamis (23/6).

Apalagi, lanjut dia, antusiasme masyarakat dalam mendukung produk UMKM DKI Jakarta sangat tinggi. Hal itu terlihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play. Di mana jumlah views mencapai hampir lima kali lipat di kuartal II 2022, dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.

Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Tokopedia. Sebab, kegiatan yang dilakukan Tokopedia mendukung UMKM DKI Jakarta kian berkembang. Untuk itu, dia berharap UMKM di DKI Jakarta dapat beradaptasi dengan perkembangan digital.

"Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka," kata Fery.

Dakara Indonesia dan Sancraft, merupakan contoh UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai dan membangun bisnis. Di mana Dakara Indonesia, memberdayakan ibu-ibu rusun untuk melestarikan tenun modern. Seluruh bahan busana bertema etnik yang digunakan Dakara Indonesia menggunakan bahan tenun ikat dan lurik.

"Lewat Dakara, kami membuat tenun lebih modern agar bisa diterima semua kalangan, termasuk anak muda," kata Ayu Purnama, pemilik Dakara Indonesia.

"Kami mulai berjualan di Tokopedia di awal pandemi karena toko offline harus tutup. Saya juga mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun untuk membuat masker, tas pinggang, obi dan lain-lainnya. Sedangkan kami menggandeng penjahit rumahan untuk memproduksi outer, blouse, celana hingga tunik bersama Dakara agar mereka bisa tetap menjaga ekonomi keluarga," ujarnya.

Adapun Dakara Indonesia rutin mengikuti berbagai kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest dan Women in Style di Tokopedia. Omzet Dakara Indonesia 90 persen berasal dari Tokopedia.

BNR TokopediaTokopedia mencatat beberapa kategori paling laris sepanjang kuartal II 2022 di ibu kota, yaitu Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Otomotif. (Arsip Tokopedia).

Sementara itu, pemilik Sancraft, Sanjung Sari Pursie, memulai usaha setelah dia mendapatkan respons positif dari rekannya saat menghasilkan totebag dengan ilustrasi buatan sendiri, yang terinspirasi dari karya seniman-seniman di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Kini berbagai ikon khas Jakarta, seperti ondel-ondel, bajaj, bis kota hingga tari jaipong, juga menjadi ilustrasi pada produk Sancraft.

"Seiring berjalannya bisnis, kami pun terus melakukan inovasi, salah satunya dengan memproduksi jenis produk baru, seperti gantungan kunci dan notes," ujar Sanjung.

Menurut Sanjung, Pandemi Covid-19 menjadi tantangan dalam berbisnis karena omzet dari gerai offline turun drastis hingga 50 persen. Dari sini, dia akhirnya bergabung dengan Tokopedia.

"Sancraft bergabung di Tokopedia pada 2020 dan berhasil bertahan di tengah pandemi bahkan mampu menjaring lebih banyak pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia," tutupnya.

(osc)

Adblock test (Why?)


Jakarta Hajatan, Tokopedia Ajak Masyarakat Dukung UMKM Lokal - CNN Indonesia
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...