Rechercher dans ce blog

Kamis, 03 Juni 2021

3 Startup Ini Kolaborasi Untuk Dorong Geliat Produk UMKM Lokal - Kompas.com - Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com –Sebagai salah satu roda penggerak ekonomi nasional, pemasaran produk lokal perlu mendapat perhatian.

Mulai dari sisi produksi hingga konsumsi sehingga dapat mempengaruhi daya beli konsumen agar ekonomi nasional bisa kembali pulih.

Mapan, sebuah perusahaan teknologi berbasis jaringan kemitraan, mendorong perkembangan ekosistem jual-beli produk lokal dengan menggandeng Blibli.com, Kaya.ID dan Kementerian Menko Maritim dan Investasi.

Baca juga: Bambang Brodjonegoro: Ekonomi Indonesia Harus Berbasis Inovasi, Happy karena Banyak Startup

CEO Mapan Hendra Tjanaka mengatakan, seiring dengan ajakan pemerintah untuk Bangga Buatan Indonesia, kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem jual beli produk lokal dengan strategi bisnis berbasis kolektivisme.

“Tidak hanya mendukung agar mitra kami bisa berpenghasilan, namun juga perlu disiapkan ekosistem yang kuat mulai dari sisi konsumen, distribusi, dan produsen produk lokal mulai dari UMKM hingga pabrik,” kata Hendra secara virtual, Kamis (3/6/2021).

Di masa pandemi Covid-19, ekosistem digital berperan krusial dalam mengakomodir seluruh pelaku usaha jual-beli produk lokal mulai dari mitra penjual, konsumen hingga produsen produk lokal agar maju.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, UMKM bisa setara dan mampu bersaing dengan produsen besar.

Deputi Ekonomi Kreatif Menko Maritim dan Investasi Odo R M Manuhutu mengatakan, sinergi dari tiga startup ini memiliki peran yang sesuai dengan industrinya masing-masing guna mendukung ekosistem yang kuat.

Baca juga: Nilai Pasar 10 Startup China Anjlok Rp 11.200 Triliun, Kenapa?

Menurut dia, dengan jaringan kemitraan lebih dari 250.000 pada ekosistem Mapan, bisa menjadi agen distribusi dan pemasaran.

Sementara itu, Blibli sebagai platform e-commerce bisa menawarkan sistem pengadaan dan supply chain yang transparan dan efisien bagi produsen lokal.

Demikian juga dengan Kaya.ID yang bisa berperan sebagai inkubator merek UMKM dalam membantu menjamin kualitas produk dan mengembangkan brand UMKM dalam upaya mendukung produsen lokal sehingga masyarakat Indonesia bisa mendapatkan produk lokal berkualitas dan bangga menggunakan merek lokal.

“Oleh karena itu, kami mendukung dan mengapresiasi gerakan kolektivisme 3 startup lokal yang digagas oleh Mapan, Blibli dan Kaya.ID. Ini juga merupakan bukti bahwa dengan melalui gotong royong, kita mampu memperluas jangkauan dan memberikan dampak lebih mendalam,” ujar Odo.

Baca juga: 7 Startup Ini Berkesempatan Dapat Pendanaan Rp 2,75 Miliar dari Telkom

Sebagai informasi, hingga April 2021 mitra usaha Mapan mampu menjual lebih dari 82 persen produk lokal, dengan total penghasilan hingga Rp 2,5 juta per bulannya.

Hendra berharap, para pelaku di ekosistem usaha jual-beli dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftar menjadi mitra penjual, khususnya produk lokal.

“Kami harap inisiatif ini bisa membawa dampak positif bagi para pengusaha swasta yang ingin mendukung ekosistem ini dalam memberikan akses pendapatan dan keberlangsungan bagi Mitra Usaha kami dan bagi para produsen produk lokal,” kata Hendra.

Adblock test (Why?)


3 Startup Ini Kolaborasi Untuk Dorong Geliat Produk UMKM Lokal - Kompas.com - Kompas.com
Kelanjutan artikel disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gibran Puji Ganjar yang Pakai "Brand" Lokal, Yenny Wahid: Memang Suka dari Dulu - Kompas.com - Nasional Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar -Mahfud merespons positif soal calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gib...